Sukses

Mendes: 53 Persen Desa di Seluruh Indonesia Bentuk Relawan Lawan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut, ada sekitar 40 ribu desa yang sudah membentuk relawan melawan pandemi virus corona atau Covid-19.

"40 ribu desa, atau sudah 53 persen desa yang sudah membentuk relawan desa melawan Covid-19," ujar Halim di Graha BNPB, Minggu (19/4/2020).

Menurut Halim, sebanyak 47 persen lainnya masih berproses dalam membentuk relawan desa lawan Covid-19.

Tak hanya membentuk relawan, desa-desa tersebut juga telah membentuk pos jaga desa. Pos jaga desa ini didirikan untuk memantau mobilitas warga, baik yang ke luar maupun yang masuk ke desa.

"Termasuk memantau mobilitas daerah yang dituju. Pos jaga desa ini sama halnya seperti menjaga keamanan seperti biasa. Sehingga warga desa merasa aman," kata dia.

Halim menyebut, pos jaga desa juga untuk mendata jumlah pemudik yang masuk ke desa. Nantinya, para pemudik ini akan dilakukan isolasi secara mandiri oleh warga. Sebab, pemudik masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) corona Covid-19.

 

2 dari 3 halaman

Ruang Isolasi Desa

Halim menyebut, sebanyak 8.954 desa sudah menyiapkan ruang isolasi desa dengan fasilitas tempat tidur sebanyak 35 ribu. Bangunan yang dijadikan ruang isolasi oleh warga desa seperti sekolah dasar hingga balai kota.

"Tugas relawan desa juga menyiapkan ruang isolasi desa. Karena tidak semua rumah warga desa bisa digunakan untuk isolasi mandiri, karena biasanya luasan rumah cukup, tapi kamar hanya satu. Di situlah posisi ruang isolasi desa sangat penting," kata Halim.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: