Sukses

Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Sampel Tes Corona Secara Masif

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada pemerintah daerah terus meningkatkan tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) untuk masyarakat. Hal tersebut betujuan untuk memutus mata rantai virus Corona.

"Saya sampaikan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan sampel tes secara masif dan melakukan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat," kata Jokowi dalam siaran telekonference di Istana Bogor, Sabtu (18/4/2020).

Dia juga meminta satuan gugus tugas di tingkat kecamatan, kelurahan, RW, hingga RT dipererat sesuai tugas dan kewenangannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga meminta jika ada warga di sekitar lingkungan memiliki gejala agar segera dibantu.

"Jika ada warganya yang bergejala terinfeksi virus Corona dan juga bila ada yang membutuhkan uluran tangan harus segera dibantu," imbau Jokowi.

Jokowi menjelaskan hal tersebut bertujuan agar penanganan dan terkoordinasi dengan baik. Dia menegaskan pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak bisa. Peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," ungkap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Kerja Sama

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar masyarakat tetap bekeria sama. Dan dia yakin Indonesia bisa melewati pandemi ini.

"Saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera," tegas Jokowi.

Sebelumnya, belum ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Namun presiden Jokowi meyakini, wabah Covid-19 akan berakhir setidaknya sampai akhir tahun ini.

"Saya meyakini, saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis, 16 April 2020.

Menurut Jokowi, banyak sektor industri yang terimbas wabah corona ini. Salah satu yang paling terasa yaitu industri pariwisata. Dia pun meyakini, industi pariwisata yang kini melesu akibat pandemi Corona akan berkembang pesat. Pasalnya, masyarakat selama masa pandemi beraktivitas di dalam rumah akan pergi berwisata setelah Corona selesai.

 

 

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.
    Corona
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • virus corona