Sukses

Panglima TNI: RS Khusus Corona di Pulau Galang Siap Beroperasi pada 30 Maret 2020

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Khusus Corona yang di bangun di bekas kamp pencari suaka asal Vietnam di Kampung Sijantung, Pulau Galang, Kepulauan Riau akan rampung pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini pembangunan rumah sakit khusus Corona di Pulau Galang sudah mencapai 78 Persen.

"Saya sampaikan bahwa persiapan sekarang sudah 78 persen tiga hari lagi rumah sakit ini sudah siap dioperasikan," kata Hadi di Pulau Galang, Rabu (25/3/2020).

Namun, kata Hadi, perlu melath tenaga medis soal perawatan pasien Corona agar bisa mengoperasikan rumah sakit ini sehingga efektif pada Senin, 30 Maret 2020.

"Rumah sakit ini sudah bisa dioperasionalkan itu harapan kita semua," kata dia.

Adapun fasilitas rumah sakit khusus ini selain tempat pendukung untuk tenaga medis juga terdapat sarana lain di antaranya ruang farmasi, radiologi, dan gizi.

"Pembangunan terus dilakukan sampai target yang kita inginkan tercapai saat ini untuk ruang observasi sudah siap 340 tempat tidur dan untuk ruang isolasi sendiri sudah siap 20 tempat tidur," kata Hadi.

 

2 dari 3 halaman

Alat Kesehatan Dikirim dari Jakarta

Sementara, peralatan kesehatan akan dikirimkan dari Jakarta pada Kamis, 26 Maret 2020 dengan menggunakan pesawat Hercules.

Sementara itu Staf Ahli Keterpaduan Bidang Pembanguan Rumah Sakit Khusus Corona, Achmad Gani Ghazaly Akman mengatakan pembangunan tahap pertama sebanyak 360 ruangan observasi dan 20 ruang isolasi sudah siap beroperasi Senin, 30 Maret 2020.

"Sebagian sudah kelar karena masih ada bersih-bersih hari Senin sudah operasional pekerjaan sudah selesai tinggal finishing, " kata Achmad Gani.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: