Sukses

Pemprov DKI Tangguhkan 3 Konser Musik Dunia karena Corona

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta Benny Agus Candra menyatakan, pihaknya menangguhkan izin perhelatan musik internasional di Jakarta pada Maret 2020.

Dia beralasan hal tersebut sebagai bentuk kewaspadaan terkait penularan virus corona atau Covid-19. Saat ini Indonesia sudah menyatakan terdapat dua orang positif terjangkit virus Corona.

"Untuk tanda daftar pertunjukan temporer ada tiga even yang sudah masuk untuk sementara kita tangguhkan," kata Benny saat dihubungi, Selasa (3/3/2020).

Tiga kegiatan itu yakni konser Head in The Cloud pada 7 Maret, lalu Foul In Jakarta pada 10 Maret dan Baby Metal pada 29 Maret.

Dia menjelaskan untuk konser Head in The Cloud pihaknya telah mengeluarkan izin dan akhirnya ditarik kembali. "Yang dua (Foals dan Babymetal izin belum terbit), yang satu Head in the Clouds izinnya sudah masuk," ucapnya.

Sementara itu Benny mengaku pihaknya baru mendata tiga kegiatan dan saat ini masih terus meninjau ulang izin hingga April 2020.

"Setelah Maret-April, kami lihat kondisinya. Mudah-mudahan tindakan pencegahan bisa efektif sehingga setelah April kondisi membaik dan kondusif sehingga penangguhan bisa dicabut," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyatakan dua orang warga negara Indonesia telah positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Keduanya saat ini mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso, Jakarta Utara.

Pasien positif corona itu merupakan seorang ibu umur 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun. Mereka positif terjangkit setelah adanya laporan warga negara Jepang yang dinyatakan positif usai berkunjung ke Indonesia.

2 dari 2 halaman

Positif Corona

 

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan dua orang (yang positif corona)," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Setelah pengumuman itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan langsung meninjau langsung lokasi di rawatnya kedua pasien positif Corona tersebut.

Setelah kunjungan, Terawan memastikan, kondisi dua warga positif virus corona itu berangsur membaik. Sesak napas dan demam yang sempat dikeluhkan kini sudah tidak ada.