Sukses

BNPB: 60 Orang Tewas dan 2 Hilang Akibat Banjir Jabodetabek dan Lebak Banten

Jumlah korban tewas akibat banjir bandang dan longsor di Lebak, Banten terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah korban jiwa akibat banjir dan tanah longsor di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta Lebak, Banten terus bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Sabtu (4/1/2020) pukul 18.00 WIB, korban tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor di Jabodetabek dan Lebak bertambah menjadi 60 orang. Sementara dua orang masih dilaporkan hilang.

"Terjadi penambahan jumlah korban meninggal di Kabupaten Lebak," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Sabtu malam.

Adapun rincian korban tewas akibat banjir dan longsor yakni, Kabupaten Bekasi 1 orang, Kota Bekasi 9 orang, Kabupaten Bogor 16 orang, Kota Bogor 1 orang, Kota Depok 3 orang, Kota Tangerang 1 orang, Kota Tangerang Selatan 4 orang.

Kemudian korban tewas akibat banjir di Jakarta Timur berjumlah 8 orang, Jakarta Barat 4 orang, Jakarta Selatan 1 orang, Jakarta Utara 1 orang, dan Jakarta Pusat 2 orang. Sementara di Kabupaten Lebak 9 orang meninggal dan 2 orang hilang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pengungsi Berkurang

Lebih lanjut, jumlah pengungsi banjir dan longsor di wilayah Jabodetabek dan Lebak terus menurun. Saat ini, total pengungsi yang tersisa sebanyak 92.261 jiwa dari 39.102 kepala keluarga (KK).

"Pengungsi di beberapa wilayah mengalami penurunan, karena kembali ke rumahnya masing-masing," tutur Agus.

Dari jumlah tersebut, pengungsi banjir paling banyak berada di Kota Bekasi sebanyak 70.002 jiwa dari 34.047 KK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.