Sukses

Fachrul Razi: Saya Bukan Menag Islam, Tapi Menag RI

Liputan6.com, Jakarta Usai pelantikan Kabinet Indonesia Maju, Menteri Agama Fachrul Razi langsung menyambangi kantornya di Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Fachrur Razi langsung mengikuti acara serah terima jabatan (Sertijab) dengan Menteri Agama periode sebelumnya, Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam sambutannya, Fachrul mengatakan akan melanjutkan apa yang selama ini telah dilakukan Menag sebelumnya. Dia menilai capaian Kementerian Agama selama ini cukup baik dan merasa beruntung ditempatkan di kementerian ini.

"Saya tidak mau start dari nol kok. Mungkin kalau kita mau menilai sampai 10, 7-8 sudah dilakukan teman-teman tinggal kita coba melanjutkan sama-sama," jelasnya.

Dia pun menegaskan bahwa dirinya tak ingin dianggap sebagai Menteri Agama Islam, melainkan Menteri Agama Republik Indonesia. Mengingat agama resmi di Indonesia tak hanya Islam.

"Tapi memang kita harus sepakat bahwa teman-teman tanya 'Pak Fachrul Menteri Agama ya?' Iya, tapi saya bukan Menteri Agama Islam, saya Menteri Agama Republik Indonesia. Di dalamnya ada agama-agama lain," tegasnya.

Namun demikian dalam melaksanakan tugasnya, mantan Wakil Panglima TNI ini mengatakan akan menggunakan pendekatan Islam. Hal itu menurutnya wajar karena mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pemeluk Islam.

"Tapi kalau di dalamnya saya gunakan pendekatan Islam wajar-wajar saja karena memang Islam adalah agama yang dipeluk oleh mayoritas," jelasnya.

Dalam acara Sertijab, Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan memori jabatan terkait sejumlah program yang telah dilaksanakan sebelumnya. Termasuk sejumlah PR yang belum tuntas. Fachrur mengatakan akan membaca dan mempelajari memori jabatan tersebut sebelum besok pagi akan mengikuti sidang kabinet pertama.

Reporter: Hari Ariyanti

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Loading
Artikel Selanjutnya
Respons Menag Fachrul Soal Imbauan Tak Salam Lintas Agama
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Menag Fachrul Razi Tak Akan Perpanjang Izin FPI? Ini Faktanya