Sukses

Soal Kedekatan dengan Habibie Xanana: Tak Bisa Diutarakan Lewat Kata-Kata

Menurutnya, publik bisa menilai ikatan emosionalnya dengan Habibie.

Liputan6.com, Jakarta Beredar video di media sosial Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao menjenguk Presiden RI ke-3 BJ Habibie sebelum wafat dan masih terbaring di rumah sakit. Tidak diketahui kapan lokasi dan video itu di ambil.

Penelusuran merdeka.com, video tersebut di unggah oleh akun Twitter @katolikG. Dalam video itu Xanana mencium kening dan memeluk Habibie. Habibie kembali membalas kecupan ke kening Xanana. Momen tersebut sangat mengharukan.

Xanana Gusmao tidak bisa merespons lebih jauh soal momen tersebut. Dia hanya mengungkapkan, kedekatannya dengan Habibie tak bisa diutarakan lewat kata-kata.

"Saya percaya bahwa kadang fakta menjelaskan lebih banyak dari kata-kata. Saya percaya saya tidak perlu menjelaskan lebih apa yang terjadi," kata Xanana saat berziarah ke makam Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

Menurutnya, publik bisa menilai ikatan emosionalnya dengan Habibie. Dia mengatakan, kedekatannya dengan pria berjuluk 'Mr Crack' itu sangat dalam.

"Itulah mengapa tadi saya katakan, fakta mengekspresikan lebih dari kata-kata. benarkan? kata-kata saya akan jadi tak relevan. Kalau Anda merasakan itu adalah sebuah hubungan yang dalam dan kuat antara Pak Habibie dan saya, memang begitu adanya," ungkapnya.

Terpisah, putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie tidak mengetahui persis kapan momen tersebut terjadi lantaran dirinya sedang berada di luar negeri. Namun, dia melihat bahwa Xanana punya ikatan yang dalam bersama Habibie.

Maka dari itu, Xanana menjenguk Habibie sekaligus menyampaikan rasa terima kasih mengenai banyak hal. 

"Dan rasa terima kasih itu beserta rasa sedih dan keharuan waktu melihat bapak dalam keadaan sakit itu membuat Pak Xanana sangat emosional, meluk bapak dan bapak juga meluk balik, karena memang emosional momennya," ucap Ilham.    

 

Reporter: M Genantan Saputra

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.