Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara pemakaman digelar secara militer.

Rencananya, makam BJ Habibie menempati kavling 120 berada di samping pusara sang istri Ainun Habibie yang berada di kavling 121. Ainun Habibie wafat pada Mei 2010 lalu.

BJ Habibie meninggal pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena sakit.

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan, pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan sekitar pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

Sementara itu, banyak warga yang menyambut iring-iringan mobil jenazah Habibie sepanjang keluar dari rumah duka hingga TMP Kalibata. Mereka mengabadikan iring-iringan kendaraan yang membawa BJ dengan kamera handphone.

Banyak juga warga yang memberikan hormat terakhir kepada BJ Habibie seraya mengucapkan selamat jalan.

"Selamat jalan profesor, selamat jalan Pak Habibie...."

Memasuki area TMP Kalibata, jalanan mulai menyempit karena warga yang makin banyak mengabadikan iring-iringan jenazah BJ Habibie.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.