Sukses

Doa Sejumlah Tokoh untuk BJ Habibie yang Dirawat di RSPAD

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kesehatannya yang menurun, sempat memunculkan kabar bahwa Presiden ke-3 BJ Habibie telah meninggal dunia, pada Selasa (10/9/2019) dini hari tadi.

Mendadak sontak hal ini dibantah oleh Sekretaris Pribadi (Sespri) BJ Habibie, Rubijanto yang menjawab berita tersebut hoaks atau bohong. Dia mengatakan kondisi kesehatan BJ Habibie justru membaik.

"Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto saat menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan terkini BJ Habibie seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, kabar sakitnya Habibie diterima Liputan6.com, pada Minggu 8 Septemner 2019.

"Kami konfirmasikan bahwa Bapak BJ Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Rubijanto.

Lantas, sejak kapan Presiden ke-BJ Habibie dirawat di RSPAD?

Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Mantan orang nomor 1 negeri itu kini tengah ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI ini sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Kabar kesehataannya yang menurun membuat sejumlah tokoh negeri ini mengunjungi BJ Habibie di RSPAD Gatot Subroto.

2 dari 7 halaman

Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjenguk Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang sedang dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tiba pada pukul 18.23 WIB, Senin, 9 September 2019. Disambut langsung oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr Terawan Agus Putranto, Jokowi langsung diantar menuju Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto.

Setelah sekitar 10 menit berada di ruangan, Presiden Jokowi kemudian meninggalkan RSPAD. Di dalam kamar perawatan, tampak pula keluarga Habibie yang ikut mendampingi.

"Kondisi Bapak BJ Habibie dalam perawatan intensif. Keluarga yang menunggu semua menantu dan cucu Beliau beserta adik-adik Pak Habibie dan adiknya Bu Ainun," kata dr Terawan di lokasi, Senin (9/9/2019).

3 dari 7 halaman

SBY

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menyambangi RSPAD untuk menjenguk Presiden ke-3 Indonesia Burhanuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

SBY seharusnya menghadiri acara Partai Demokrat, tapi itu dibatalkannya setelah mendengar kabar kondisi kesehatan Presiden Habibie menurun.

"Beliau dapat kabar bahwa mantan Presiden Habibie saat ini sedang dirawat di RSPAD menurut informasi tersebut keadaan kritis sehingga Bapak SBY memutuskan untuk menjenguk sebagai sahabat," ujar putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, saat menyampaikan sambutan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, Presiden ke-6 RI itu tiba di RSPAD pukul 10.00 WIB.

Saat menjenguk, SBY disambut oleh putra BJ Habibie, Ilham Habibie serta adik BJ Habibie, Temmy Habibie. Ketiganya sempat berbincang-bincang dan berdoa bersama untuk kesembuhan BJ Habibie.

"SBY meninggalkan Paviliun Kartika sekitar Pkl. 10.20 WIB," tulis Ossy.

4 dari 7 halaman

Anies Baswedan

Presiden Habibie juga mendapat kunjungan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ditemui di Paviliun Kartika, Anies mengatakan BJ Habibie masih belum bisa diajak berkomunikasi.

"Beliau tidak bisa berkomunikasi. Beliau posisinya seperti tidur dalam perawatan tertentu. Praktis kalau komunikasi tidak ada, tapi Beliau sadar mendengar. Tapi tidak berkomunikasi, karena ada alat dipasang di situ," kata Anies di lokasi, Selasa pagi.

Dia menuturkan, Habibie ditemani keluarganya, antara lain sang putra Ilham Habibie. Dia menegaskan, kondisi yang Habibie dilihatnya cukup berat.

"Kondisi kesehatan Beliau cukup berat, tim dokter menjelaskan. (Saya) berterima kasih kepada tim dokter RSPAD, yang bukan saja memberikan perawatan dengan dokter dan peralatan terbaiknya, tapi Pak Habibie merasa seperti keluarga dengan dokter yang ada di sini," ungkap Anies.

Dia pun meminta semua masyarakat untuk mendoakan agar Habibie bisa kembali sehat dan beraktivitas seperti semula.

5 dari 7 halaman

Theo L Sambuaga

Sementara itu, politikus senior Partai Golkar Theo L Sambuaga menyebut bahwa kondisi Habibie terus meningkat secara positif. Dia dikabarkan telah melewati masa kritis.

"Katanya dokter bilang begitu (sudah lewat masa kritis)," ujar Theo di lokasi, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan, sempat melihat BJ Habibie menunaikan ibadah salat zuhur meskipun di atas ranjang.

"Saya sempat melihat dan kita melihat dari kaca. Pak Habibie sempat salat, salat sambil baring," kata mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan atau era Presiden Habibie ini.

6 dari 7 halaman

Ma'ruf Amin

Didampingi putrinya, Siti Ma’rifah, Wakil Presiden terpilih Ma'aruf Amin menjenguk Presiden ke-3 Habibie pada pukul 08.30 WIB.

"Pagi jam 8.30 WIB, beliau sudah menjenguk Pak Habibie,“ kata Siti Ma’rifah saat dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019).

Ma’rifah mengatakan, ayahnya menyampaikan doa agar pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini diberikan kesembuhan.

Menurut dia, sebagai seorang negarawan, peran Habibie masih sangat dibutuhkan bangsa.

"Semoga beliau sehat kembali, dan bisa kembali aktivitas dan bisa aktif menberikan kontribusi terbaiknya untuk negara," pungkas dia.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Replika Jokowi Bersepeda Meriahkan Perayaan HUT RI di Jerman
Artikel Selanjutnya
Jalan-Jalan Bareng Jan Ethes, Presiden Jokowi Pakai Kaos Wonderful Indonesia