Sukses

Kapendam Cendrawasih: Papua Sudah Aman dan Kondusif

Eko menggambarkan, situasi kondusif di wilayahnya tampak dari beroperasinya pusat perbelanjaan, dan lancarnya aktivitas lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cendrawasih Letkol CPl Eko Daryanto mengatakan, tidak ada aksi lagi yang terjadi sepanjang hari ini di Provinsi Papua.

"Sempat ada (aksi) hari Senin tapi terkendali, kemarin dan hari ini tidak ada," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (21/8/2019) sore.

Eko menggambarkan, situasi kondusif di wilayahnya tampak dari beroperasinya pusat perbelanjaan, dan lancarnya aktivitas lalu lintas.

Sementara itu, untuk situasi di Fak Fak dan Manokwari, Eko tak bisa berkomentar karena di luar teritori Kodam Cendrawasih. Namun, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan situasi di titik lokasi kerusuhan kemarin hari ini berangsur kondusif.

Tim gabungan TNI-Polri, lanjut Dedi, saat ini tengah bertugas membersihkan sisa-sisa aksi yang ditimbulkan oleh massa kemarin.

Sisi lain, Menko Polhukam Wiranto mengatakan akan langsung mengunjungi wilayah Papua Barat untuk kedamaian. Dia ingin mengajak seluruh saudara sebangsa di Papua untuk bersatu sebagai NKRI.

"Saya ke Papua juga mengobarkan rasa empati, rasa kedamaian, ajak lagi ayo kita bersatu sebagai bangsa," ungkap Wiranto.

"Yang rugi siapa sih kalau kita bertengkar. Yang rugi kita kok," tukasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.