Sukses

Aksi Tipu-Tipu 7 Warga Depok Jual Emas Palsu

Para tersangka mulai menjual emas palsu pada 10 April 2019 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang semakin melonjak dimanfaatkan 7 warga depok berbuat kejahatan. Mereka menjual emas palsu di toko pegadaian selama 5 bulan terakhir.

Toko gadai emas dibuat merugi hingga Rp 800 juta akibat aksi tipu-tipu mereka. Ketujuh tersangka ini ditangkap di daerah Tapos, Depok, Jawa Barat dan Pekanbaru.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya mengungkapkan, para tersangka menggunakan identitas palsu saat menggadaikan emas palsu.

"Para tersangka menggadaikan perhiasan (bukan emas) yang sudah disepuh terlebih dahulu dengan lapisan emas, hingga memperoleh uang," kata Andi di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

Ketujuh tersangka yang diamankan polisi berisial A (20), R (21), SD (43), S (52), LY (19), F (25) dan FR (53). Mereka ternyata masih kerabat atau satu keluarga. Masing-masing tersangka memiliki peran yang berbeda.

"Tersangka A, R, LY dan SD berperan menggadaikan, lalu untuk tersangka F berperan mengantar pelaku saat menggadaikan. Tersangka S berperan menyiapakn perhiasan yang ingin digadai dan tersangka FR berperan membantu menyiapkan perhiasan yang hendak digadaikan dan pelaku melarikan diri," terang Andi.

Andi menjelaskan, para tersangka mulai melakukan aksi kejahatannya pada 10 April 2019. Mereka dengan percaya diri mendatangi tempat pegadaian emas yang berada di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

"Kemudian mengajukan perhiasan berbentuk rantai maupun gelang berwarna emas kepada petugas pegadaian, yang sudah terlebih dahulu disepuh dengan emas, dengan maksud untuk digadaikan," jelasnya.

Saat mendatangi toko pegadaian, para tersangka ini dengan santu menawarkan emas. Ilmu silat lidah, mereka gunakan untuk membujuk petugas gadai membeli emas palsu.

"Tapi, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim pengawas pegadaian, ternyata perhiasan yang digadaikan oleh para pelaku, bukan emas murni akan tetapi perhiasan yang bukan berbahan emas. Namun sudah disepuh dengan bahan emas sehingga lapisan bagian atasnya mengandung emas," ujarnya.

Para tersangka membuat emas palsu di salah satu tempat di Jatinegara, Jakarta Timur. Selain itu, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap dua tersangka lainnya atas nama inisial R dan D yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Mereka sepuh di Jatinegara. Ini kami masih dalami lagi tentang keterkaitan sindikat lainnya. Untuk DPO itu berperan buat identitas palsu dan satu lagi mencari objek emas ini," ungkapnya.

Sejumlah barang bukti disita dari ketujuh tersangka, di antaranya 8 buah perhiasan emas palsu, 10 lembar surat bukti gadai, 1 unit mobil, dan beberapa kartu ATM. Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.