Sukses

1.790 Warga DKI Lolos Pengajuan Kredit Rumah DP Nol Rupiah

Anies mengatakan 1.790 orang yang lolos dibagi dalam dua kategori yaitu prioritas pertama 899 pendaftar dan prioritas kedua 891 pendaftar.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto mengaku akan mengundang 1.790 warga yang telah memenuhi syarat permohonan pembelian unit rumah susun sederhana milik (Rusunami)  Klapa Village, Pondok Kelapa Jakarta.

Kelik mengatakan, nama-nama yang telah terpilih itu, nantinya akan diminta melengkapi sejumlah  berkas permohonan yang harus dipenuhi.

"Sesuai Peraturan Gubernur 104/2018, Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah ditargetkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan. Sehingga Program ini menerapkan proses seleksi kepada calon penghuni, untuk memastikan kesesuaian dengan syarat,” kata Kelik di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, mengatakan 1.790 orang yang lolos dibagi dalam dua kategori yaitu prioritas pertama 899 pendaftar dan prioritas kedua 891 pendaftar. 

"Prioritas pertama adalah mereka yang telah menikah atau berkeluarga, karena program ini adalah untuk rumah pertama keluarga," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan Akad Kredit

Menurut Dzikran, pada pertengahan atau akhir Agustus 2019, nama-nama yang pengajuan kreditnya disetujui oleh Bank DKI dapat diumumkan, dan akan dapat diadakan acara akad kredit.

Diketahui, sejak  pendaftaran dibuka November 2018 lalu, telah mendaftar sebanyak 2.359 orang.  Namun, melalui proses seleksi dan verifikasi Pemprov, hanya 1.790 orang yang memenuhi kriteria.

Adapun pembangunan fisik oleh PD Sarana Jaya sudah mendekati selesai. Saat ini hanya penyelesaian sarana dan prasarana pendukung fasilitas publik antara lain, Lift, Taman, Ruang ibadah (musholla), Ruang terbuka, serta Parkir motor dan parkir terbatas mobil (sesuai ketentuan Rusunami).

Nantinya para penghuni DP0 akan mendapat Sertifikat Hak Milik serta akan akan mencicil dengan bunga fixed 5 persen per tahun selama 15 atau 20 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.