Sukses

H-5 Lebaran, Penjualan Tiket Bus di Terminal Kampung Rambutan Meningkat

Terhitung 60 persen dari belasan ribu penumpang itu merupakan pengguna bus jurusan Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Ada tren baru pengguna moda transportasi darat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Memasuki H-5 Lebaran, pemudik jurusan Sumatera malah melonjak tinggi.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto menyampaikan, pemudik yang diberangkatkan pada Kamis 30 Mei kemarin mencapai 12.741 orang. Terhitung 60 persen dari belasan ribu penumpang itu merupakan pengguna bus jurusan Sumatera.

"Saya tadi komunikasi terkait dengan tahun kemarin. Saya diskusi dengan para penjual tiket itu tahun sekarang mencapai 20 sampai 30 persen (naik), Sumateranya saja," tutur Thofik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2019).

Sementara untuk hari ini, pemudik yang diberangkatkan sejak pukul 00.00 WIB hingga 11.00 WIB mencapai 4.687 orang. Hitung-hitungan itu akan terus dikalkulasikan hingga pukul 24.00 WIB malam nanti.

"Ada 5 bus bantuan (ke Sumatera), mengantisipasi penumpang yang belum terangkut. Tapi sampai saat ini kita melihat masih dapat terangkut," jelas dia.

Adapun lonjakan pemudik tertinggi H-5 Lebaran ini mencapai 50 persen di Terminal Kampung Rambutan. Sementara untuk perbandingan dengan tahun lalu, tidak berbeda jauh.

"Kalau bicara jumlah, dibanding tahun kemarin dengan tahun ini sama sebenarnya. Tahun kemarin 13 ribu, tahun ini 12 ribu. Akan tetapi tahun kemarin merata dari beberapa trayek. Saat ini lebih dominan mengarah ke Sumatera," Thofik menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.