Sukses

Jajal MRT, Wapres JK Minta Pengguna Transportasi Publik Lebih Disiplin

JK pun menilai tidak perlu pengawasan khusus untuk kedisiplinan para pengguna MRT. Sebab seharusnya kedisiplinan sudah melekat dalam masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau Moda Raya Terpadu (MRT) dari stasiun Bundaran Hotel Indonesia.

JK pun mengibau kepada masyarakat jika MRT tersebut sudah beroprasi, agar displin. Serta menjaga fasilitas, dan tepat waktu.

"Disiplin, bagaimana masyarakat berbudaya disiplin. Jangan coret-coret, tepat waktu datang, dan antre," kata JK usai menijau MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

JK pun menilai tidak perlu pengawasan khusus untuk kedisiplinan para pengguna MRT. Sebab seharusnya kedisiplinan sudah melekat dalam masyarakat.

"Pertama sosialisasi mengajak. Karena kalau disiplin itu tanpa pengawasan. Kalau orang diawasi terus menerus itu tidak disiplin. Karena dia takut diawasi. Disiplin itu ada di dalam," kata JK.

Dia juga menyerahkan sepenuhnya kepada Pemrprov DKI Jakarta terkait tarif tiket MRT. Dia mengatakan tarif tersebut sedang dibahas.

"Tarif ideal tergantung orang, ada yang idealnya tinggi. Ada yang idealnya tergantung pendapatannya. Tapi jalan tengahnya iyalah tentu bagaimana mencapai ini kan sinkron," kata JK.

Dia menjelaskan tarif MRT disesuaikan dengan fasilitas yang didapat. JK menjelaskan kalau ingin cepat dan nyaman harganya pun bisa disesuaikan.

"Jadi ini bisa kecepatan dan kenyamanan bisa dipastikan maka, tarifnya tanya Pak Gubernur dan Menteri Perhubungan," kata JK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tiket

Sebelumnya JK meninjau Moda Raya Terpadu (MRT) dari stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Kereta MRT terdiri dari 6 kereta dan mampu mengangkut penumpang hingga 1.200-1.900 sekali jalan.

JK meninjau bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Dirut MRT William Sabandar, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri.

 Manajemen mengungkapkan jika hingga kini masih membahas besaran tarif dengan pemerintah DKI Jakarta.

"Untuk harga tiket sendiri, masih dalam diskusi dengan pemerintah DKI. Jadi yang diusulkan 8.500 per 10 km mudah-mudahan bisa diresmikan dalam waktu dekat," ungkap Kepala Divisi Sekretaris MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Adapun untuk progres pembangunan MRT Jakarta, kini sudah mencapai 98,6 persen dan siap beroperasi secara komersial pada Maret ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • JK

  • Merdeka.com