Sukses

Sejarah Letusan Gunung Bromo

Fajar baru saja muncul saat Gunung Bromo di Jawa Timur meletus. Membangkitkan memori tercatatnya letusan 215 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Fajar baru saja muncul saat Gunung Bromo di Jawa Timur meletus. Kolom abu terlihat berwarna putih hingga cokelat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal.

Peristiwa alam ini terjadi pukul 06.00 WIB, Selasa 19 Februari 2019. Warga dan wisatawan dilarang mendekati kawah Gunung Bromo. Meski demikian aktivitas penerbangan masih normal.

Gunung Bromo merupakan satu dari lima gunung yang terdapat di komplek Pegunungan Tengger di laut pasir. Gunung berapi ini masih berstatus aktif. Letusan demi letusan terus terjadi.

Sebelum meletus pada 2019, Gunung Bromo tercatat mengalami lebih dari 50 erupsi sejak 215 tahun yang lalu pada 1804. Bagaimana sejarah letusannya? Simak dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini