Sukses

Disinyalir Bertentangan dengan NKRI, Markas KNPB di Timika Dijaga Ketat

Liputan6.com, Papua - Markas Komite Nasional Papua Barat atau KNPB yang berada di Jalan Sosial, Timika, Papua, masih terus dijaga aparat gabungan TNI-Polri.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (10/1/2019), gedung tersebut juga telah dipasangi garis polisi. Penjagaan ketat ini dilakukan agar kelompok-kelompok yang masih bersebrangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak melakukan aktivitas yang bertentangan.

Penjagaan ketat ini dilakukan setelah markas tersebut dibongkar beberapa bulan lalu. Selama ini, menurut pihak kepolisian, aparat gabungan hanya melakukan penjagaan dan tidak mengizinkan segala aktivitas oleh kelompok KNPB.

"Kita mengamankan saja bukan menguasai, aktivitasnya sudah normal," kata Kabagops Polres Mimika AKP Andika Aer.

KNPB ini disinyalir bertentangan dengan NKRI. Bahkan, di setiap kabupaten dan kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, organisasi ini tidak pernah terdaftar di Kesbangpol atau di kabupaten setempat.

Di Mimika, sebayak dua regu personel dari Kodim 1710 Mimika dan Brimob Maluku Utara dikerahkan untuk berjaga-jaga agar kelompok tersebut tidak membuat resah. (Muhammad Gustirha Yunas)