Sukses

Penghargaan 10 Kota Toleran 2018, Singkawang hingga Bekasi Masuk Daftar

Penilaian dilakukan pada 94 kota seluruh Indonesia. Ketua Setara Intitute Hendardi mengatakan IKT bertujuan mempromosikan kota-kota yang mampu mengedepankan toleransi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setara Institute memberikan penghargaan kota toleran 2018. Anugerah itu diberikan bagi 10 kota yang mendapat indeks kota toleran (IKT) tertinggi di Indonesia.

Penilaian dilakukan pada 94 kota seluruh Indonesia. Ketua Setara Intitute Hendardi mengatakan IKT bertujuan mempromosikan kota-kota yang mampu mengedepankan toleransi di Indonesia.

"Sehingga bisa memincu kota lain mengembangkan toleransi," katanya di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Adapun kota dengan peniliaian tertinggi IKT adalah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Sembilan kota lain yang masuk dalam 10 kota toleran adalah Salatiga, Pematang Siantar, Manado, Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon, Binjau dan Surabaya.

Kota Singkawang mendapat skor 6,513. Kota itu dinilai paling sukses menerapkan toleransi bahkan sampai RPJMD dan produk hukum lainnya.

Adapun IKT 2018 merupakan kali ketiga yang digelar Setara Institute. Dibanding IKT tahun lalu, terjadi perubahan signifikan pada komposisi kota yang masuk skor tertinggi.

Hal ini ditunjukan dengan masuknya kota Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon dan Surabaya dalam 10 teratas kota paling toleran.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Kemendagri

Sementara itu, Medagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi penghargaan yang diselenggarakan Setara Institute.

"Saya apresiasi penghargaan kota toleran ini, karena dampaknya bagus," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.