Sukses

Diterjang Puting Peliung, Sebagian Jalan Kota Bogor Ditutup

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras beserta angin puting beliung melanda Kota Bogor, Kamis (6/12/2018) sore. Angin kencang itu merusak sejumlah bangunan hingga membuat sejumlah pohon tumbang. Akibatnya, beberapa ruas jalan di Bogor harus ditutup.

"Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas banyak mengalami perubahan. Dari arah Tajur ke Lawang Gintung ditutup. Dari arah Pandu Raya ke arah BSI ditutup," kata Dishub Bogor dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, pengalihan jalan juga harus diterapkan akibat adanya puting beliung itu.

"Kendaraan dari Siliwangi, Tajur, Pajajaran yang mau ke arah Jalan Pahlawan Bogor Selatan semua dialihkan lewat jalan Pajajaran. Akibat Pengalihan Jalur dibeberapa jalan Utama,kondisi jalan dikota Bogor mengalami kemacetan parah," tulis Dishub Bogor.

 

2 dari 3 halaman

30 Knot

Sebelumnya, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra menyatakan, kecepatan angin yang melanda wilayah Batu Tulis, Lawang Gintung dan sekitarnya di Kecamatan Bogor Selatan sekitar 30 knot (50 km per jam) dalam satu hembusan.

"Sapuan angin biasanya mencapai 100 meter hingga 1 km mengikuti arah angin," katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, angin kencang ini terjadi karena bentukan awan kumulonimbus yang cukup matang di wilayah Bogor Selatan. Situasi ini berpotensi terjadi selama puncak musim hujan yang berlangsung di wilayah Bogor hingga akhir Februari 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Puting Beliung Terjang Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil