Sukses

Wakapolri: Korban Penembakan KKB di Papua Dievakuasi ke Timika

Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto mengatakan para korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB di Kabupaten Nduga, Papua, akan dievakuasi ke Timika pada Kamis ini.

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto mengatakan para korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB di Kabupaten Nduga, Papua, dievakuasi ke Timika hari ini.

"Semua yang menjadi korban di sana akan kita evakuasi, akan kita bawa ke rumah sakit di sini (Timika) yang fasilitasnya cukup memadai. Nanti yang meninggal akan kita identifikasi, lalu diadakan perawatan semestinya dan selanjutnya akan kita kirim ke keluarga masing-masing," kata Komjen Ari di Timika, Rabu malam 5 Desember 2018.

Wakapolri juga menyebut seorang anggota Brimob terluka akibat tertembak peluru KKB saat hendak menuju lokasi kejadian penembakan 21 pekerja PT Iska yang ditugaskan membangun jembatan Kali Yigi ruas jalan Trans Papua.

Sementara itu aparat gabungan TNI dan Polri telah menemukan 15 orang jenazah korban penembakan KKB di Puncak Kabo Distrik Yal, Kabupaten Nduga pada Rabu petang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal dalam rilisnya yang diterima Antara di Timika mengatakan, para korban sementara dikumpulkan di suatu tempat.

Evakuasi para korban ke Wamena tidak dimungkinkan karena kondisi cuaca dan sudah menjelang malam hari.

"Apabila cuaca memungkinkan, para korban akan dievakuasi ke Timika pada Kamis ini," jelas Kombes Kamal.

Ia mengatakan, korban terkena luka tembak KKB sebanyak 19 orang, di antaranya 15 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, tiga orang dalam kondisi terluka tembak serta seorang lagi selamat.

Para korban yang masih hidup telah dievakuasi ke Wamena pada Selasa 4 Desember 2018.

Tim Kedokteran Forensik Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura bersama Tim Forensik Pusdokkes Polri segera ke Timika untuk melakukan identifikasi jenazah para korban meninggal dunia.

Tim gabungan TNI dan Polri masih terus melakukan pencarian para karyawan PT Istaka Karya lainnya mengingat sesuai laporan dari perusahaan, terdapat 24 orang karyawan yang terlibat dalam pengerjaan jembatan Kali Yigi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panglima TNI Temui Korban

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto rencananya akan terbang ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya pada Kamis pagi untuk menemui para korban selamat yang hingga kini masih dirawat di RSUD Wamena.

Panglima TNI didampingi sejumlah pejabat teras TNI, di antaranya Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa tiba di Timika pada Rabu (5/12).

Panglima langsung menggelar rapat terbatas dengan para petinggi TNI dan Polri terkait perkembangan situasi evakuasi para korban penembakan oleh KKB di Kabupaten Nduga dan langkah-langkah penegakan hukum selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.