Sukses

Jelang 1 Desember, Polisi Tingkatkan Keamanan di Papua

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba mengatakan, 1 Desember kadang diperingati beberapa oknum warga Papua sebagai hari Melanesia.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Resor Jayawijaya, Papua meningkatkan keamanan di wilayahnya jelang 1 Desember yang terkadang diperingati sejumlah warga Papua sebagai Hari Melanesia. Kepolisian juga mengimbau kepada warga di tiga kabupaten setempat untuk tidak melakukan aksi yang bertentangan dengan prinsip dasar NKRI pada 1 Desember mendatang.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba mengatakan, 1 Desember kadang diperingati beberapa oknum warga Papua sebagai hari Melanesia. Untuk mengantisipasi aktivitas yang melanggar hukum pada 1 Desember, Polres Jayawijaya telah mempersiapkan personel keamanan di titik-titik yang dianggap rawan terjadinya pengelompokan massa.

"Kami memang sudah mempersiapkan anggota kami untuk antisipasi. Namun kami ingatkan masyarakat lebih fokus dengan perayaan Natal dari pada mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa merugikan diri sendiri," ujar Yan Pieter di Wamena sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (25/11/2018).

Imbauan kepolisian tersebut juga berlaku kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Nduga, yang merupakan wilayah hukum Polres Jayawijaya.

"Kami sudah minimalisir dampak-dampak kejahatan, sehingga kalau ada informasi yang membutuhkan bantuan maka saya akan meminta bantuan dari Polda dan TNI untuk wilayah yang masuk tanggung jawab Polres Jayawijaya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarik Pasukan dari Lanny Jaya

Yan Pieter memastikan segera menarik kembali anggota satgas khusus yang sementara berada di Kabupaten Lanny Jaya. Mereka akan ditempatkan di Distrik Bolakme dan Wamena dalam rangka mengantisipasi pemanfaatan situasi 1 Desember oleh kelompok tertentu.

"Jangan coba ada kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum seperti di Tulem, dalam Kota Wamena. Jangan ada kegiatan apapun (kegiatan melawan hukum) 1 Desember di Wamena," ucap dia menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.