Sukses

Jokowi Akan Hadiri Doa Bersama untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu di Solo

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan jalan sehat bersama Capres Jokowi batal dilaksanakan di Solo. Jal ini menyusl adanya larangan dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Kegiatan itu kemudian diganti dengan pelaksanaan doa bersama untuk korban para gempa Palu dan Donggala di Stadion Sriwedari, Solo, Mingggu (30/9/2018).

Direktur Program Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima mengatakan, rencananya tim kampanye nasional akan menggelar jalan santai yang rencananya dihadiri Jokowi. Tapi atas permintaan yang bersangkutan, acara itu ditunda.

Penundaan dilakukan karena adanya bencana alam gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu. Format acara kemudian diganti dengan doa bersama.

"Rencana akan mengadakan jalan sehat bersama Jokowi tetapi ditiadakan dan hanya ada satu acara doa bersama sebagai rasa empati kepada para korban," kata Aria di Solo, Sabtu malam (29/9/2018).

Acara doa bersama tersebut, menurut Aria Bima akan dihadiri sekitar 40 ribu massa. Mereka berasal dari para pendukung capres dan cawapres nomor urut satu, kader partai pendukung, simpatisan serta para relawan. "Selain doa bersama kegiatan ini sekalgius pemilu damai," ujar dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Diikuti Lintas Agama

Untuk menghindari para peserta doa bersama yang menggunakan atribut kampanye memasuki kawasan car free day, ia mengharapkan para peserta yang akan datang ke Stadion Sriwedari melalui pintu sebelah selatan.

"Acara car free day kan selesai jam 09.00 WIB, sedangkan acara doa bersama dilakukan pada pukul 09.30 WIB. Jadi waktu acaranya itu empet-empetan dengan car free day," tuturnya.

Aria Bima memastikan acara doa bersama akan dihadiri langsung Jokowi. Kegiatan ini dilaksanakan juga atas perintah capres nomor urut satu.

"Saya tegaskan sekali lagi bahwa Pak Jokowi akan hadir dalam acara doa bersama untuk berkabung dengan para korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala," ucapnya.

Doa bersama tersebut akan diikuti para tokoh lintas agama. "Nanti doa bersama akan dipimpin oleh Habib Novel yang akan didampingi para pemimpin lintas agama," kata dia.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sebelumnya melarang kegiatan jalan santai bersama Jokowi di car free day. Pasalnya, car free day harus bebas dari kegiatan politik seperti kampanye.