Sukses

Tinjau Korban Gempa Lombok, Jokowi Akan Menginap di Tenda

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana menginap di tenda setelah meninjau korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (13/8/2018).

"Presiden akan menuju tenda untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Bey, Jokowi akan meninjau Kabupaten Lombok Utara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, akan meninjau dapur umum, trauma healing, serta posko pengungsian korban bencana dan rumah sakit lapangan.

Jokowi juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada para korban.

Sementara, Menteri Sosial Idrus Marham membenarkan, Jokowi akan menginap di tenda yang telah disiapkan.

"Informasinya sudah disiapkan tenda untuk Pak Presiden menginap," kata Idrus di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Pengungsi Antusias

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, Presiden Jokowi mengunjungi korban gempabumi 7 SR di Lombok di Kecamatan Pemenang pada siang tadi.

Jokowi juga meninjau Pos Komando Operasi serta mendengarkan penjelasan terkini penanganan darurat dari Dansatgas Posko Komando Penanganan Dampak Bencana Gempa Lombok, Kol Ahmad Rizal Ramdani Danrem 162 Wirabahakti, di areal Lapangan Super Semar Kantor Bupati Lombok Utara.

Presiden Jokowi didampingi oleh Gubernur NTB dan Gubernur terpilih, Panglima TNI, Kapolri, Menteri PU & Pera, Kepala Staf Kantor Presiden dan Kepala BNPB saat mengunjungi pengungsi.

"Presiden sempat menanyakan langsung tentang kondisi para pengungsi dan apa yang diharapkan," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, masyarakat pengungsi di sekitar wilayah Kecamatan Tanjung sangat antusias dengan kedatangan Presiden RI yang dilanjutkan melihat kondisi pasien di Tenda Pelayanan Yonkes di areal Kantor Bupati Lombok Utara.

Sutopo mengatakan, dilaporkan juga ke Presiden Jokowi untuk kebutuhan operasi darurat di antaranya kebutuhan tenda, penyediaan MCK, tandon air, makanan, asupan gizi ibu hamil, selimut, dan obat-obatan.

"Alat penghancur beton dan ketersediaan BBM juga menjadi prioritas. Kendala lain yang masih dihadapi adalah minim sarana transportasi untuk distribusi bantuan logistik, dan askes jalan rusak, berbukit dan lokasi desa sulit dijangkau oleh kendaraan biasa," ujar Sutopo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Golkar Kirim 2 Ribu Paket Sembako untuk Korban Gempa Lombok
Artikel Selanjutnya
Jokowi Umumkan Ketua Tim Pemenangan Usai Kunjungi Lombok