Sukses

Polisi Akan Tutup Jalan Asian Afrika Saat Hari Pertama Asian Games

Polisi belum bisa memastikan waktu penutupan jalan terkait ajang Asian Games ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, pihak Gelora Bung Karno (GBK) akan menutup pintu 10 pada saat pembukaan acara Asian Games 2018. Sebab, hal itu dilakukan dalam menyambut kedatangan beberapa kepala negara yang melewati jalur tersebut.

"Rencana ada penutupan jalan, di Jalan Pemuda, tapi hanya bagian sisi dekat GBK bukan yang TVRI. Kan Jalan Pemuda ada dua lajur nih, yang satu GBK yang satu dekat TVRI, yang di TVRI nggak ditutup (yang ditutup pintu 10 GBK)," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Kata Yusuf, tak hanya pintu 10 GBK saja yang ditutup, namun juga menutup sepanjang Jalan Asia Afrika. "Penutupan ini hanya dilakukan sehari saat pembukaan acara Asian Games dan sistemnya buka tutup," ujarnya.

"Jadi kalau pun itu ditutup, tidak tutup total. Pada saat lewat ditutup. Pada saat nanti sudah kosong lalu dibuka," sambungnya.

Sementara untuk waktu penutupannya, Yusuf belum bisa memastikan. Hal itu sedang didiskusikan seluruh pendukung Asian Games.

"Kita diskusikan besok, yang jelas nanti beberpa jam harus clear tempat (jalan) itu, karena ada berapa kepala negara datang melewati itu. Jadi pengguna jalan diminta lurus tidak bisa mutar balik di depan TVRI, Jalan Pemuda satu lajur dibuka (lajur TVRI), jadi jalan yang boleh dilewati mengarah ke Slipi dan Cawang," bebernya.

Dalam hal ini, kepolisian akan mengundang pimpinan pusat perbelanjaan untuk memberitahukan penutupan jalan terkait ajang Asian Games ini.

"Beberapa pengusaha termasuk pemilik Plaza Senayan, Hotel Fermon, Senayan City, Hotel Mulya, Golf di Senyan itu kita panggil semua besok. Kita beritahukan. Jangan nanti pada saat pelaksanaan complain ke kita. Kendaraan pribadi nggak boleh masuk. Jadi untuk pengunjung disiapkan shelter bus di masing-masing tempat," pungkasnya.

Reporter: Ronald

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.