Sukses

AP II Gelar Kampanye Cek Pengamanan Asian Games di 15 Bandara

Pengecekan meliputi keselamatan di darat penunjang udara, terutama di tiga bandara kedatangan para atlet dan official Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Angkasa Pura II menggelar kampanye pengecekan kemananan (ramp safety campaign) II 2018 di 15 bandar udara di satuannya.

Pengecekan meliputi keselamatan di darat penunjang udara, terutama di tiga bandara kedatangan para atlet dan official Asian Games 2018. Ketiganya adalah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang, dan Bandara Husen Sastranegara di Bandung Jawa Barat.

"Kita lakukan di 15 bandara di bawah AP II. Jadi kita pastikan juga bandara lainnya memiliki tingkat keselamatan yang sama," tutur Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di PKP PPK Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin (30/7/2018).

Pengecekan keselamatan ini merupakan upaya kampanye tindakan keselamatan dari sisi darat yang menunjang udara. Seperti berbagai aktivitas ground handling, passager Handling, dan pengoperasian maskapai penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkala

Para pihak yang bergerak di bidang tersebut seperti JAS, GMF, Damkar, dan Gapura, turut serta dalam pengecekan ini. Seperti kelayakan mobil operasional, bus penjemputan penumpang di runway, kendaraan pengangkut bahan bakar pesawat, pengangkut barang bawaan penumpang, sampai pengecekan kelayakan pemadam kebakaran, serta berbagai peralatan lainnya.

"Kita bagi dalam satu tahun itu dua kali, berkala. Ini semester kedua setelah Februari lalu. Jika sudah dicek sesuai dengan keselamatan, nanti akan diberi stiker lolos uji ramp safety kedua," ujar awaluddin.

Dengan begitu, semua keselamatan dan kenyamanan penerbangan sudah sesuai dengan peraturan dari kementerian dan penerbangan internasional. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.