Sukses

Bongkar JPO di Bundaran HI, Anies Bangun Pelican Crossing

Anies Baswedan menyebut, pelican crossing merupakan fasilitas sementara untuk pejalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta segera membuat pelican crossing sebagai pengganti jembatan penyeberangan orang (JPO) di Bundaran HI yang akan dirobohkan dengan alasan keindahan dan tak ramah difabel. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pembuatan pelican crossing akan selesai dalam waktu paling lambat satu minggu.

"Anggarannya nanti dicek lagi, tapi kira-kira diperlukan sekitar Rp 100 juta. Ada 4 titik di situ kan, ada tengahnya, ada island itu, ada trotoar tengah yang dulu dipakai untuk pembatas jalan sekaligus tempat transit Transjakarta, itu yang terkait dengan pelican crossing," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Pengerjaan pelican crossing akan mulai dilakukan pekan depan. Saat ini tim dari Dinas Perhubungan dan Dinas Bina Marga tengah melakukan survei untuk pemasangan pelican crossing.

"Akan dimulai weekend besok. Mudah-mudahan tidak lama akan selesai karena kalau pelican crossing itu relatif simpel," ucap Anies.

Anies menyebut pelican crossing merupakan fasilitas sementara untuk pejalan kaki, nantinya ada penyeberangan bawah tanah yang saat ini masih proses pembangunan oleh MRT.

"Oh ya nanti kalau sudah selesai jembatan bawah tanah, maka pelican crossing ini tak lagi diaktifkan. Jadi ini kami menggunakan pelican crossing karena jembatan bawah tanah yang disiapkan oleh MRT belum bisa digunakan sekarang," ujar Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Halangi Pemandangan Patung

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membongkar jembatan penyebrangan orang (JPO) di dekat bundaran Hotel Indonesia (HI). JPO itu dinilai menghalangi pemandangan patung selamat datang.

"Jembatan penyeberangan yang sekarang masih ada di bundaran HI nanti akan kita turunkan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau revitalisasi trotoar di Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat, Minggu 22 Juli 2018.

Menurut dia, dengan dibongkarnya JPO para tamu dan peserta Asian Games 2018 dapat melihat patung selamat datang. Anies berharap usai patung tersebut dibongkar pemandangan akan semakin menarik.

"Sekarang dengan JPO nanti diturunkan, semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula," ucap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.