Sukses

Mudik Lebaran, Penumpang Lion Air di Surabaya Meninggal di Ruang Tunggu

Awalnya, penumpang Lion Air jurusan Surabaya-Kupang itu ditemukan pingsan oleh petugas kebersihan di ruang tunggu Bandara Juanda.

Liputan6.com, Sidoarjo - Maksud hati ingin pulang ke Flores jelang Lebaran, seorang penumpang Lion Air jurusan Surabaya-Kupang ditemukan pingsan oleh petugas kebersihan di ruang tunggu keberangkatan (boarding gate) Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Pria 20 tahun asal Flores itu kemudian dibawa ke klinik oleh petugas. 

"Sesuai standar pelayanan, petugas layanan darat (ground crew) Lion Air bersama petugas keamanan bandar udara (aviation security/avsec) PT Angkasa Pura I Cabang Surabaya, segera membawa dan mendampingi M Syafii ke Klinik Graha Angkasa Pura I Juanda untuk dilakukan pemeriksaan medis," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Namun, petugas medis yang memeriksa menyatakan M Syafii telah meninggal dunia pukul 11.25 WIB, Sabtu 9 Juni 2018.  

Dia mengatakan, Lion Air mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga atas meninggalnya M Syafii.

Lion Air pun mengimbau seluruh masyarakat, untuk selalu memberikan informasi secara rinci tentang kondisi kesehatannya kepada petugas di counter check-in. Terlebih jika sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular, atau memiliki kondisi khusus yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan penumpang lain saat melakukan perjalanan udara.

"Kondisi kesehatan pada umumnya tidak memerlukan surat izin medis, namun untuk beberapa keadaan tertentu mewajibkan setiap pelanggan mempunyai surat izin medis sebelum penerbangan dengan menunjukkan dan melampirkan surat keterangan kelaikan terbang (fitness for air travel/medical information) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan serta menandatangani surat pernyataan," tutur Danang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ganggu Penerbangan

Danang mengatakan peristiwa tersebut tidak mengganggu penerbangan Lion Air bernomor JT692 yang melayani Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Internasional El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (KOE). Perjalanan pesawat itu tetap berjalan dengan normal.

"Penanganan penumpang tersebut tidak mengganggu operasional penerbangan. Lion Air bekerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam memberikan layanan yang terbaik. Penerbangan JT692 menggunakan pesawat Boeing 737-900ER (B739) registrasi PK-LHT. Pesawat lepas landas dari Surabaya pukul 12.06 WIB dan telah mendarat di Kupang pada pukul 14.48 Wita," kata Danang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.