Sukses

Ketua DPR Minta Polri dan Kemenhub Awasi Tol Fungsional

Adapun lima ruas tol yang akan mulai difungsikan besok adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dan Polri memastikan kesiapan lima jalur tol fungsional untuk keperluan mudik Lebaran 2018. Bambang menekankan, jalur tol fungsional yang akan dibuka Jumat, 8 Mei 2018 besok harus tetap mengutamakan keamanan pemudik.

Pria yang biasa disapa Bamsoet itu juga meminta Polri mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, khususnya mengawasi arus lalu lalang kendaraan pemudik dan kesiapan rambu di tol fongsional

"Mengingat kondisi tol fungsional masih berada di bawah standar tol operasional dan rawan terjadi kecelakaan,” ujar Bamsoet, Kamis (7/6/2018).

Adapun lima ruas tol yang akan mulai difungsikan besok adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono.

Kelima ruas tol itu merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Mantan ketua Komisi III DPR itu juga meminta Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di jalur tol ataupun non-tol.

"Terutama di rest area yang berpotensi menjadi titik kemacetan,” sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Rambu Jalan

Selain itu, Bamsoet juga meminta masyarakat yang mudik melalui jalur darat agar benar-benar mempersiapkan kelayakan kendaraan mereka.

"Pastikan BBM terisi penuh serta selalu mengikuti rambu-rambu jalan dan arahan petugas di lapangan agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman,” pungkas dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.