Sukses

Menhub: Saatnya Nikmati Pembangunan Infrastruktur dengan Mudik Lancar

Budi Karya mengaku pihaknya banyak memanfaatkan hasil riset dalam menghadapi mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, mudik tahun ini terasa spesial. Menurutnya, inilah saatnya masyarakat memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang digenjot pemerintah selama ini.

"Pesan Bapak Presiden, agar mudik kali ini lebih baik, bahagia, guyub rukun," kata Budi Karya di acara saat membuka puasa bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Senin malam, 4 Juni 2018.

Kemenhub akan bekerja sama dengan pihak-pihak lain, yakni Polri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian PUPR untuk agenda mudik ini. Di lapangan, untuk pengaturan, dia menyerahkan sepenuhnya mekanisme pada Korlantas Polri.

"Saya kan sama-sama sedaerah dengan Pak Jenderal Tito, sesama Palembang, ya kami aktif berkoordinasi, kami samperi kepolisian sebagai partner," katanya.

Budi Karya mengaku pihaknya banyak memanfaatkan hasil riset dalam menghadapi mudik, termasuk riset lembaga yang independen mengenai arus mudik yang diprediksi puncaknya adalah H-2 dan H-3. Maka pada tanggal tersebut dilakukan pelarangan kendaraan truk besar untuk beroperasi.

Namun dalam perkembangan, karena adanya perubahan cuti bersama, data riset bergeser bahwa kepadatan justru maju pada akhir pekan ini, tanggal 8 dan 9 Juni akan mengalami kepadatan.

"Keputusan tetap, tapi pada 8-9 Juni kita imbau untuk tidak beroperasi, dan arus baliknya pada 19-20 Juni. Sifatnya imbauan," ujar dia.

Menurut Budi Karya, dari berbagai moda, mudik udara tumbuh paling tinggi sampai 90 persen, paling tinggi untuk wilayah timur sampai 15 persen.

Sebagai mantan Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya paham benar bahwa moda udara itu kritisnya banyak, mulai dari bagasi sampai kecoak, dan lain-lain. Kalau lengah bisa viral. Beda dengan moda laut yang banyak barang, tak banyak komplain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Mogok Pilot Garuda

Mengenai ancaman pilot Garuda mogok, Budi meyakinkan tidak terjadi.

"Mereka (pilot) kan orang-orang pintar, masak masalah begini merugikan rakyat, sudah ada dialog," katanya.

Mengenai moda kereta api (KA), tumbuhnya jumlah penumpang cuma 5 persen.

"Kami tambah 40 rangkaian dari 800 rangkaian existing,” jelasnya.

KA ini permasalahnnya, tidak mudah menambah moda meski permintaan tinggi, karena keterbatasan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.