Sukses

Pasar Tumpah Picu Kemacetan di Pantura

Arus lalu lintas saat melewati jalur Pantura di wilayah Brebes, Jateng, terganggu akibat adanya pasar tumpah. Sementara di jalur lintas Sumatra, para pemudik terkendala perbaikan jalan yang belum selesai.

Liputan6.com, Brebes: Arus kendaraan saat keluar dari pintul Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, yang hendak ke arah Timur, Sabtu (27/8), langsung dihadang Pasar Tumpah Bulakamba. Meski polisi sudah memasang rambu pembatas agar pasar tumpah tak mengganggu arus kendaraan, para pedagang dan pembeli seperti tidak peduli.

Mereka tetap bertransaksi di bahu jalan sehingga menghambat arus kendaraan. Kemacetan semakin bertambah parah jika melewati perlintasan kereta api. Untuk mengurai kemacetan, polisi terpaksa membagi lajur jalan dengan prioritas pada arus mudik.

Lain lagi kondisi yang dihadapi para pemudik yang melintasi jalur lintas Sumatra di kawasan Sipirok, Sumatra Utara. Menjelang Lebaran, perbaikan jalan di kawasan Aek Latong tak kunjung selesai meski sudah dilakukan jauh sebelum Ramadan.

Sejak Jumat hingga kemarin, kendaraan lewat dengan merayap dan mengalami kemacetan panjang. Selain rusak parah, saat disiram hujan deras kondisi jalan utama penghubung berbagai daerah di Sumatra ini berbahaya untuk dilewati. Selain licin dan terjal, di beberapa titik kondisi jalan bahkan digenangi air.

Jalan rusak sepanjang hampir 20 kilometer ini menjadi ancaman bagi para pemudik kendaraan pribadi. Apalagi, yang jarang melewati kawasan ini, berisiko terhadap kecelakaan. Para pemudik tak punya pilihan karena tidak ada jalan alternatif sehingga sangat berharap dengan kerja keras polisi mengatur arus lalu lintas.

Sementara Labuhan Batu, Sumatra Utara, tiga hari menjelang Lebaran, sudah dipenuhi para pemudik yang datang dari arah Aelatan baik yang menggunakan mobil maupun sepeda motor. Padatnya kendaraan yang lewat sempat membuat antrean hingga tiga kilometer saat memasuki Kota Rantau Prapat.

Kemacetan dipicu kedatangan para pemudik yang berkonvoi. Agar tidak macet parah, polisi mengalihkan sebagian kendaraan yang masuk kota ke arah jalan baru meski memutar sepanjang lima kilometer. Diperkirakan puncak arus mudik yang melewati jalur lintas Sumatra terjadi hari ini.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini