Sukses

Ikut Kerja Bakti di Utan Kayu, Anies Bersihkan Gorong-Gorong

Kehadiran Anies membuat warga setempat dan PSSU yang saat itu sedang bekerja bakti kaget.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut kerja bakti di Jalan Nanas RT 04, RT 06 RW 10, Kelurahan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur. Dia memakai rompi dan sepatu boots Dinas Kebersihan.

Anies turut bergabung membersihkan gorong-gorong atau saluran pembuangan air bersama warga dan Petugas Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) setempat, Minggu (6/5/2018).

Anies menyampaikan, warga Jakarta harus peduli terhadap lingkungan dan mampu mengelola sampah dengan baik, untuk menghadirkan lingkungan DKI Jakarta yang bersih, nyaman, sehat, dan asri.

"Pagi ini ada gerebek sampah di Utan Kayu. Jadi kita warga Jakarta harus mengelola sampah dengan baik. Sisa itu ada sebagian yang bisa di daur ulang dan sebagian ada yang harus dibuang. Kita bersihkan gorong-gorong, karena saluran air kita banyak sampah yang harus dibersihkan supaya alirannya bisa berjalan dengan baik," kata Anies Baswedan, usai kerja bakti seperti dilansir dari Antara.

Dia berpesan kepada warga agar selalu membuang sampah pada tempatnya, agar tidak timbul masalah lingkungan hidup yang berkelanjutan di Jakarta.

"Nah, jika harus dibuang, buang lah ditempat yang benar sehingga tidak menimbulkan masalah. Harapannya supaya kita semua bisa kelola sampah di rumah dan lingkungan masing-masing," kata Anies Baswedan,

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diharap Bisa Rutin

Anies berharap, kegiatan gerebek sampah atau gerebek kerja bakti ini menjadi kegiatan rutin di wilayah DKI Jakarta untuk menumbuhkan budaya hidup bersih, sehingga terwujud lingkungan yang bersih, nyaman, sehat dan asri. Kegiatan tersebut juga harus dimulai dari dalam rumah tangga setiap warga Jakarta.

"Membersihkan sampah itu yang paling penting membuangnya di tempat yang sudah disediakan. Sehingga kita tak harus lagi membersihkannya di gorong-gorong, saluran air, atau di pinggir jalan. Tetapi kita juga bisa mengelola sampah sejak masih di rumah," kata dia.

Diharapkan kesadaran muncul dalam setiap diri individu dan rasa kepekaan yang tinggi terhadap pengelolaan sampah yang baik; adanya kemauan bersama dan berinisiatif menjaga kebersihan guna mewujudkan lingkungan Jakarta yang sehat.

"Bila kita melihat lingkungan ada sampah, maka jangan tanya siapa yang membuangnya, tapi ambil sampahnya dan bersihkan. Karena siapa pun yang membuang, dia akan memberikan masalah. Jadi, sama-sama kita bersihkan, sembari mengelola sampah yang bisa kita daur ulang," kata Anies.

Sementara itu, kehadiran Anies membuat para warga dan PPSU yang tengah bekerja bakti kaget. Sebab, kehadirannya tidak terencana sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.