Sukses

Gelembung Renang Ikan Gulama Asal Papua Ini Harganya Puluhan Juta

Gelembung renang ikan gulama ternyata punya nilai jual yang tinggi karena dapat berfungsi sebagai kecantikan hingga kesehatan.

Fokus, Papua - Jeroan ikan berupa gelembung yang biasanya dibuang saat hendak dimasak, ternyata punya harga jual sangat tinggi. Di Merauke, Papua, gelombang renang dari ikan tertentu harganya bisa mencapai Rp 50 juta.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (18/4/2018), bentuk gelembung renang ikan pipih, sekilas seperti kerupuk mentah dan keras. Dengan warna putih pucat yang tidak menarik.  

Gelembung renang ikan dapat ditemukan hampir di semua jenis ikan. Letaknya dekat tulang punggung, di atas lambung, dan jeroan lainnya. Gelembung renang ini berfungsi untuk mengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air.  

Di Merauke, ada tiga jenis gelembung ikan yang harganya cukup tinggi, yaitu ikan kurau, kakap cina, dan gulama. Mengapa sangat mahal, karena bisa dimanfaatkan untuk benang jahit bedah, kecantikan, dan kesehatan tubuh.  

"Ini gulama yang dicari orang dengan harga yang sangat menggiurkan. Per kilo bisa mencapai Rp 50 juta," kata Pitono, eksportir gelembung ikan.

Di Merauke, ikan gulama hidup di sekitar muara sungai yang kaya akan pito plankton dan zoo plankton. Berbanding terbalik dengan gelembung renangnya, harga daging ikan gulama justru dijual murah. Untuk 5 kilo ikan gulma, harganya sekitar Rp 50 ribu.

Â