Sukses

Seniman Kirun Beri Dukungan Bagi Gus Ipul

Seniman lokal senior Jawa Timur, Kirun, menyatakan dukungannya terhadap Gus Ipul.

Liputan6.com, Madiun Seniman lokal senior Jawa Timur, Kirun, menyatakan dukungannya terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno. Menurut seniman yang memiliki nama asli Muhammad Syakirun ini, Gus Ipul telah dianggap sebagai sahabat oleh para seniman Jawa Timur.

Laiknya seorang sahabat, ia optimis Gus Ipul dapat membawa kemakmuran untuk rakyat Jawa Timur. Hal ini ia ungkapkan pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Padepokan Seni Kirun (PadSKi), Madiun, Jawa Timur, Kamis (5/4/2018).

Dalam acara tersebut, sejumlah seniman senior hadir, diantaranya Marwoto, Ki Manteb Sudarsono (Dalang), Cak Yudho, Sasmitho, Cak Hunter, dan beberapa seniman ludruk lainnya. Juga ada beberapa seniwati berskala Nasional, mulai dari Yati Pesek hingga Soimah. Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno pun ada di sana.

Di awal penjelasannya, Kirun bercerita bahwa ia merupakan pengagum sosok Presiden keempat RI, KH Abdurrrahman Wahid (Gusdur). Ia mengatakan bahwa dirinya terinspirasi berbagai gagasan mantan Ketua PBNU ini, termasuk soal persahabatan.

"Aku pernah ngaji di Gus Dur. Gus Dur mengajarkan tentang pentingnya persahabatan yang lahir dan batin," ujar Kirun menggunakan dialek Bahasa Jawa.

Mengutip penjelasan Gus Dur, ia mengatakan bahwa sebagai seorang teman wajar ikut membantu ketika temannya susah. Minimal, bisa meringankan beban masalah sang sahabat.

"Kalau temannya membutuhkan, ya diberi. Kalau membutuhkan pertolongan, ya ditolong," ucapnya.

Menurut Kirun, definisi teman bisa disematkan kepada semua orang, sekalipun dengan orang yang baru dikenal.

"Orang kalau sudah ngobrol seperempat jam, setengah jam itu sudah menjadi teman. Apalagi dengan teman yang sudah dikenal lama. Nah di sini, temannya yang datang banyak. Bahkan, ada temannya orang sak Jawa Timur, Gus Ipul. Beliau menyempatkan hadir," kata dia.

Sebagai seorang sahabat, Kirun pun merasa terpanggil untuk membantu Gus Ipul yang mencalonkan diri sebagai kandidat gubernur.

"Kalau ada temannya punya niat, berarti kita harus ikut mendoakan, mendukung supaya temannya sukses. Sehingga, mereka ini sudah teman, sahabat, bala plek. Sahabat lahir batin. Siapa yang tidak memutus persaudaraan, tambah rezekinya, tambah usianya," ujarnya.

Di akhir penjelasannya, Kirun pun optimis bahwa berteman dengan Gus Ipul yang juga telah menjabat Wakil Gubernur dua periode akan membawa banyak manfaat.

"Kalau mau bersahabat dengan Gus Ipul, tentram hidupnya, makmur semuanya," ucapnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini