Sukses

Operasi Zebra Jadi Ajang Pembelajaran Siswa TK di Sleman

Selain menjaring pelanggar lalu lintas, Operasi Zebra juga menjadi bahan pembelajaran bagi siswa TK di Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Operasi zebra di sejumlah daerah menjaring ratusan pelanggar. Operasi zebra juga dijadikan bahan pembelajaran siswa TK di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang SCTV, Kamis (9/11/2017), pengendara sepeda motor plat merah akhirnya tertangkap setelah berusaha kabur saat mengetahui ada operasi zebra yang digelar Satlantas Polres Grobogan, Jawa Tengah.

Polisi bertindak tegas dengan memberikan tilang karena yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan SIM.
Sang pengendara, Handoko beralasan sedang panik karena anaknya sakit.

Pasangan Edi Sutanto dan Ita Mustafa harus berurusan dengan petugas Polsek Prambon. Keduanya terjaring dalam operasi zebra karena mengendarai mobil dengan plat nomor palsu. Saat diberhentikan keduanya marah-marah serta mengaku sebagai anggota BIN dan menunjukkan identitas palsu.

Petugas yang curiga akhirnya mendapati pasangan ini bukan anggota BIN dan tengah melakukan penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan dengan imbalan sejumlah uang.

Selain menjaring para pelanggar, operasi zebra di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga dijadikan media pembelajaran tertib lalu lintas. Ratusan siswa TK diajak menyaksikan langsung pelaksanaan operasi itu di kawasan Lapangan Denggung.

Para siswa melihat proses pemberhentian kendaraan pemeriksaan surat-surat hingga pelaksanaan tilang dan sidang di tempat. Anak-anak juga mendapat penjelasan dampak jika tidak mematuhi rambu lalu lintas, tidak membawa kelengkapan surat-surat, dan tidak memakai helm.