Sukses

Evakuasi KRL Anjlok Selesai, Perjalanan Belum Normal

Untuk perjalanan KRL lintas Jakarta Kota-Bogor atau Jakarta Kota-Bekasi, belum dapat beroperasi melalui lintas Manggarai-Jakarta Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Proses evakuasi kereta commuterline 1340 selesai dilakukan pada pukul 15.50 WIB, setelah anjlok dari rel siang tadi. Untuk memastikan keamanan jalur, tim prasarana masih memeriksa.

Humas PT KAI Commuterline Jabodetabek (PT KCJ) Eva Chairunisa mengatakan, meski KRL sudah berhasil dievakuasi, perjalanan tujuan Jakarta Kota rute Bekasi dan Bogor belum berjalan normal.

"Untuk memaksimalkan pelayanan operasional KRL atau kereta listrik itu, maka sekitar satu jam ke depan perjalanan KRL dari dan menuju Jakarta Kota untuk relasi Bogor dan Bekasi masih dibatasi," ujar Eva dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/9/2017).

Eva menjelaskan untuk perjalanan KRL lintas Jakarta Kota-Bogor atau Jakarta Kota-Bekasi, belum dapat beroperasi melalui lintas Manggarai-Jakarta Kota.

"Sebagian perjalanan masih akan dilewatkan jalur alternatif seperti Tanah Abang-Kampung Bandan untuk KRL dari arah Bogor, dan jalur alternatif Pasar Senen-Kampung Bandan untuk KRL dari arah Bekasi. Sementara sebagian lainnya masih ada yang hanya mengakhir perjalanan sampai Stasiun Manggarai," papar dia.

Untuk mempercepat waktu tempuh, kata Eva, PT KCJ mengimbau kepada seluruh pengguna, khususnya di stasiun yang berada pada lintas Jakarta Kota-Manggarai, agar menggunakan moda transportasi lain sampai Stasiun Manggarai, apabila tetap ingin menggunakan jasa KRL menuju Bekasi dan Bogor.

"Selanjutnya pengguna jasa dapat menggunakan KRL kembali menuju Bogor dan Bekasi dari Stasiun Manggarai. PT KCJ mengucapkan permohonan maaf atas gangguan operasional KRL yang terjadi pada lintas Jakarta Kota," dia menandaskan.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KRL Anjlok

KRL lintas Jakarta Kota-Bekasi anjlok di Stasiun Jakarta Kota pada pukul 09.40 WIB. Anjloknya kereta listrik bernomor seri KA 1340 ini mengakibatkan perjalanan KRL dialihkan.

"Jabodetabek (KCJ) memohon maaf atas gangguan perjalanan dampak anjlokan," ujar Humas PT KAI Commuterline Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Kamis siang.

Akibatnya gangguan tersebut, seluruh penumpang KA dievakuasi ke Stasiun Jakarta Kota. Petugas gabungan dari PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCJ langsung mengevakuasi KRL tersebut.

Selama proses evakuasi dilakukan, perjalanan KRL dari arah Bogor tujuan Jakarta Kota dan sebaliknya dialihkan melalui jalur Sudirman-Tanah Abang-Kampung Bandan-Jakarta Kota. Sebagian perjalanan lagi hanya berakhir sampai Stasiun Manggarai dan kembali ke Bogor.

Sementara, KRL dari arah Bekasi tujuan Jakarta Kota dan sebaliknya, sebagian perjalanan dialihkan melalui lintas Pasar Senen-Kampung Bandan, dan sebagian perjalanan lagi hanya beroperasi sampai Stasiun Manggarai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.