Sukses

Ribuan Warga Bekasi Antre Cetak E-KTP di Babelan Sejak Dini Hari

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang antre di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, hari ini. Warga mengantre untuk mencetak KTP elektronik atau e-KTP. Bahkan, sebagian warga sudah mengantre sejak pukul 00.00 WIB meski kecamatan baru buka pukul 08.00 WIB.

"Saya datang jam 03.30 WIB, dan sampai saat ini masih antre. Bahkan ada warga yang antre dari jam 12 malam," ujar seorang warga Bekasi yang ikut mengantre e-KTP, Lukman Hakim, kepada Liputan6.com, Rabu (12/7/2017).

Menurut Lukman, pembuatan e-KTP itu hanya tiga hari sejak Senin, 10 Juli 2017. Sebab, pembuatan e-KTP ini langsung dari pemerintah kota setempat dengan menggunakan mobil keliling.

"Jadi mobilnya parkir di kantor kecamatan," ujar dia.

Lukman mengatakan, mobil keliling itu hanya melayani pencetakan e-KTP saja. Sehingga warga hanya menyerahkan surat keterangan (suket) yang sudah didapat saat mengurus e-KTP sebelumnya.

"Kemarin pas bikin e-KTP kan dapatnya hanya suket, blankonya enggak ada jadi tidak dicetak. Nah, sekarang pencetakannya. Jadi hari ini khusus mencetak, bukan ngurus-ngurus," tandas Lukman.

Berdasarkan surat edaran dari pemerintah Kabupaten Bekasi untuk RT dan RW di Kelurahan Kebalen yang didapat Liputan6.com, mobil keliling itu tak hanya melayani pencetakan e-KTP tetapi juga pembuatan akte kelahiran.

Layanan itu dilakukan sejak Senin 10 Juli 2017, namun hanya melayani pembuatan akte kelahiran dengan batasan 100 lembar akte.

Kemudian, pada Selasa dan Rabu mobil keliling itu hanya melayani 100 akte kelahiran dan 100 keping e-KTP perhari.

 

Saksikan video di bawah ini:

Loading