Sukses

Jokowi Ingatkan Anak Indonesia Soal Persaingan Global Lewat Kuis

Selain membagikan Kartu Indonesia Pintar, di MK Muhammadiyah Jokowi juga memberikan kuis yang berhadiah sepeda.

Liputan6.com, Malang - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur. Usai meresmikan SMA Negeri Taruna Nala, dia bersama rombongan langsung menuju MK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Selain membagikan Kartu Indonesia Pintar, di sana, Jokowi juga memberikan kuis yang berhadiah sepeda.

Dengan ciri khasnya, Presiden Jokowi memberikan pertanyaan tentang Indonesia kepada anak-anak SD, SMP, dan SMA. Mulai dari Pancasila, nama pulau, nama kota, hingga peragaan pencak silat.

Ribuan anak yang hadir antusias dengan kuis itu. Dia pun memuji semangat dan kegigihan anak-anak untuk menjawab. Salah satu anak yang menarik perhatian Jokowi adalah Maulana.

Menurut Jokowi, Maulana cepat sekali mengangkat tangan daripada lainnya. Dia pun menunjukkan bahwa ini langkah yang benar guna menghadapi persaingan global yang akan datang.

"Tadi saya lihat Maulana suruh tunjuk tangan cepat. Karena persaingan negara itu harus cepat. Maulana itu contoh yang cepat. Dari belakang lari ke depan. Pancasila 100 persen betul," kata Jokowi di Gondanglegi, Malang, Sabtu (3/6/2017).

Usai memberikan kuis, Jokowi dan rombongan menuju Masjid Besar Gondanglegi untuk menunaikan ibadah salat Zuhur. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju agenda berikutnya, Jokowi menyapa dan berswafoto dengan warga serta membagi-bagikan buku tulis.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara ini, di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Malang Rendra Kresna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi