Sukses

Komisi I DPR: Kehadiran Badan Siber Nasional Sangat Ditunggu

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta menyambut baik rencana pembentukan Badan Siber Nasional (BSN).

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR Sukamta menyambut baik pembentukan Badan Siber Nasional (Basinas). Menurut dia lembaga ini sangat ditunggu kehadirannya.

"Sudah sejak lama kami di Komisi I mendorong segera ada badan yang secara khusus menangani keamanan siber, mengingat ancaman dari dunia maya semakin meningkat," ucap Sukamta kepada Liputan6.com, Jumat (2/6/2017).

Sekretaris Fraksi PKS DPR  ini berharap melalui Basinas bisa segera membuat perencanaan matang untuk membangun sistem keamanan siber.

"Badan ini perlu membuat road map yang jelas dan terukur untuk pengembangan SDM Siber yang tangguh dan membangun kemampuan teknologi siber yang mumpuni secara mandiri sehingga tidak ada ketergantungan dengan produk asing di masa depan," tegas Sukamta.

Karena itu, masih kata dia, sebagai langkah awal, pemerintah harus menunjukkan itikad baik dengan mengisi kelembagaan ini dengan SDM profesional yang memiliki track record yang kompeten di bidang IT.

"Ini penting untuk menepis dugaan pemanfaatan badan baru ini untuk kepentingan politik," tukas Sukamta.

Di sisi lain, lanjut dia, kekhawatiran badan ini berpotensi langgar hak-hak warga, hal itu tak perlu dirisaukan. Hak-hak warga negara sangat jelas dijamin di dalam UUD 1945.

Presiden Jokowi sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 tahun 2017 tentang Pembentukan Badan Siber Nasional atau Basinas. Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan perpres tersebut telah diundangkan.

"Perpresnya sudah, sudah diundangkan bahkan. Jadi Basinas ini dari mulai mendeteksi, mencegah, sampai kalau terjadi kalau ada kaitannya sama cyber security dia juga memperbaiki," kata Rudiantara di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.