Sukses

Polisi Prediksi Macet di Jalur Puncak Hingga Tengah Malam

Mengantisipasi hal ini Polres Cianjur menerjunkan ratusan anggota untuk mencegah macet total di jalur utama Puncak.

Liputan6.com, Bogor - Volume kendaraan bermotor yang melintas di Jalur Puncak Cianjur, Bogor, Jawa Barat terus meningkat menjelang Jumat malam. Bahkan, di sejumlah pertigaan rawan kemacetan antrean kendaraan terlihat memanjang sehingga lalu lintas tersendat.

Diperkirakan volume kendaraan terus meningkat hingga tengah malam. Mengantisipasi hal ini Polres Cianjur menerjunkan ratusan anggota untuk mencegah macet total di jalur Puncak.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Erik Bangun Prakarsa mengatakan, puncak kepadatan arus akan terjadi menjelang tengah malam. Ratusan polisi pun disebar di sejumlah titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon-Pacet.

"Sejak pagi hingga malam, petugas akan disiagakan di sejumlah titik rawan dan pusat keramaian di kawasan Puncak-Cipanas. Bahkan kami juga melibatkan jajaran Polres Cianjur, untuk ikut serta mengatur arus lalu lintas yang berada di wilayahnya masing-masing, termasuk di sejumlah jalur alternatif di kawasan tersebut," kata Erik, Jumat (14/4/2017).

Menjelang malam, volume kendaraan dari arah Bogor menuju Puncak-Cipanas, mulai meningkat di mana disejumlah titik rawan macet mulai terlihat antrean kendaraan dengan laju tersendat. Namun, tidak sampai memanjang karena polisi mengurainya dengan rekayasa lalu lintas.

"Untuk titik rawan sempat terlihat antrean kendaraan, namun tidak sampai memanjang karena petugas kami banyak melakukan upaya pencairan antrean dengan rekayasa satu arah atau buka tutup lokal terhadap kendaraan yang keluar dari jalur wisata seperti Hanjawar dan Kebun Raya Cibodas," kata Erik seperti dikutip Antara.

"Kita telah melakukan sistem satu arah dari Puncak sampai pintu Tol Gadog-Ciawi, sebelumnya kita berkordinasi dengan Polres Bogor. Kami juga mengimbau pengendara untuk waspada saat melintas di daerah rawan bencana yang banyak terdapat di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur," pungkas Erik.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.