Sukses

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Trenggalek

Ribuan rumah warga yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hingga Rabu malam (5/5), terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter lebih.

Liputan6.com, Trenggalek: Ribuan rumah warga yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Rabu hingga malam (5/5), terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter lebih. Selain merendam pemukimanwarga banjir yang terjadi mulai sekitar pukul 15.00 WIB itu juga menyebabkan sejumlah tebing longsor dan menutup ruas jalan yang menghubungkan Munjungan dengan daerah sekitarnya.

"Ini baru pertama terjadi di sepanjang sejarah bencana di Kecamatan Munjungan," kata Fatchul Hadi, warga Munjungan. Hingga belum belum ada informasi resmi mengenai korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Hanya saja, menurut laporan warga, jumlah rumah yang terendam banjir diperkirakan mencapai ribuan.

Beberapa desa, bahkan telah terisolasi akibat putusnya sejumlah jembatan desa dan tertutupnya jalan raya oleh longsoran tanah. "Curah hujan yang turun di Kecamatan Munjungan sejak siang tadi memang sangat tinggi. Kami kira tidak ada faktor lain karena juga belum ada laporan apakah ada tanggul sungai yang jebol atau tidak," kata Fatchul.

Beberapa desa yang terendam banjir bandang dengan ketinggian air mencapai dua meter lebih itu, di antaranya desa Karangturi, Munjungan, Tawing, Masaran, Craken, dan Bendoroto. Di sekitar Gunung Kembar, tepatnya di Desa Tawing ketinggian air bahkan atap rumah warga nyaris tak terlihat. Sedangkan ketinggian air di beberapa lokasi hanya berkisar satu hingga dua meter.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini