Sukses

Polemik Panas DNA Anak Mario Teguh

Ferry menegaskan, kliennya baru akan menjalani tes DNA setelah mendapat persetujuan dari penyidik.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik antara motivator kondang Mario Teguh dan pria yang mengaku sebagai anaknya Ario Kiswinar kembali memanas. Mario Teguh melalui tim pengacaranya kini melayangkan surat permintaan tes deoxyribonucleic acid (DNA) ke DVI, Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri terkait status Ario Kiswinar.

Menurut ketua tim kuasa hukum Mario Teguh, Elza Syarief, dengan surat kuasa nomor 120/SK.ESL/X/2016 tertanggal 5 Oktober 2016 itu, Mario bermaksud untuk menyelesaikan masalah keluarga yang kini malah menjadi konsumsi publik tersebut.

"Kami ajukan karena telah terjadi polemik. Pertentangan masalah DNA ini sebenarnya sudah lama dan bersifat sangat pribadi. Tapi karena sudah jadi konsumsi publik maka kami akan perjelas," kata Elza Syarief di Kantor Elza Syarief Law Office, Jalan Laturharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 10 Oktober 2016.

Dia mengatakan, justru kliennya yang memerlukan kejelasan soal status Kiswinar. Sebab, hak Mario sebagai ayah seakan diharamkan. Ini berdasarkan berbagai penyangkalan yang keluar dari mulut ibu Kiswinar, yaitu Aryani soal Mario bukanlah ayah dari Kiswinar.

"Sekarang minta keadilan Mario Teguh ini. Dengan pemeriksaan DNA ini kan bisa jelas. Justru yang disangkal ini posisi klien saya sebagai bapak," ujar Elza.

Ario Kiswinar didampingi ibunya, Aryani Soenarto mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/9). Kiswinar dan Ariyani membuat laporan terkait pelanggaran ITE dan pencemaran nama baik yang dilakukan Mario Teguh. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kubu Ario Kiswinar pun bereaksi terhadap ajakan itu. Pengacara Kiswinar, Ferry Amahorseya mengaku telah menerima surat permintaan tes DNA dari pihak Mario. Namun dia menilai, ajakan tersebut sudah terlambat.

"Datang surat dari Mario Teguh ke saya untuk meminta Ario Kiswinar tes DNA. Itu datangnya pas 6 Oktober 2016. Kami lapor tanggal 5 Oktober 2016 secara resmi, ini terlambat, kalau sudah lapor polisi baru," ujar Ferry di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 10 Oktober 2016.

Ferry menegaskan, kliennya baru akan menjalani tes DNA setelah mendapat persetujuan dari penyidik. Apalagi laporannya terkait dugaan pencemaran nama baik oleh Mario Teguh tengah diproses penyidik Polda Metro Jaya.

Dia bahkan menyatakan kalau konferensi pers yang dilakukan Mario Teguh di kantor Elza Syarief Law Office Senin siang sebagai kebohongan. Ferry menyatakan, pihaknya sejak lama sudah mengajak tes DNA, namun tak kunjung direspons hingga akhirnya dilakukan pelaporan ke Polda Metro Jaya.

Motivator Mario Teguh (kiri) bersama kuasa hukumnya Elza Syarief tersenyum usai memberikan keterangan terkait perseteruan dengan Ario Kiswinar Teguh di Jakarta, Senin (10/10). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Mario Tak Pernah Membantah

Motivator kondang Mario Teguh menegaskan bahwa dia tidak pernah membantah bahwa Ario Kiswinar Teguh adalah anak dari perkawinannya dengan Aryani Soenaryo. Terlebih, hal itu tertulis jelas di akta kelahiran sang anak yang legal dikeluarkan oleh negara.

"Saya Mario Teguh tidak pernah tidak mengakui Kiswinar sebagai anak yang dilahirkan di dalam pernikahan saya dulu dengan Ibu Aryani. Akta kelahiran adalah dokumen sah negara yang menyatakan hal itu, dan saya tidak pernah menolaknya sampai saat ini," tutur Mario Teguh di Kantor Elza Syarief Law Office, Jalan Laturharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Dengan mata berkaca-kaca, Mario mengaku sempat kaget saat sang anak yang saat itu berusia 17 tahun, menyebut bahwa dia bukanlah ayahnya. Padahal sejak dulu dia sudah berkali-kali meminta tes DNA, tapi dilarang oleh sang mantan istri.

"Tapi Ario tak mau mengakui sa‎ya. Ibunya menyebut kalau Kiswinar adalah anak dari seorang pengusaha kaya," jelas dia. "Dia (Ario) bilang ayahnya bernama mister X, bukan Mario Teguh," lanjut Mario.

Ario Kiswinar sebelum memasuki Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/9). Didampingi ibunya, Aryani Soenarto, Kiswinar melaporkan Mario Teguh atas tuduhan pencemaran nama baik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kasus di Kepolisian

Sementara itu, Polda Metro Jaya menindaklanjuti laporan dugaan pencemaran nama baik yang diajukan Ario Kiswinar dan ibunya, Aryani terhadap Mario Teguh. Mereka melaporkan Mario atas tudingan pencemaran nama baik dan fitnah. Saat diwawancarai di sebuah televisi nasional, Mario Teguh menyatakan Kiswinar bukan anak kandungnya. Dia dituding hasil perselingkuhan ibunya dengan Mr X.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKB Budi Hermanto mengatakan, polisi memeriksa pengacara Kiswinar, Ferry Amahorseya. Selain itu juga, akan memeriksa Kiswinar dan ibunya, Aryani Sunarto.

Rencananya, anak-ibu tersebut akan dipanggil penyidik pekan ini. Setelah itu, polisi baru akan memeriksa terlapor, Mario Teguh.

"Ya masih jauh, (Mario Teguh diperiksa). Pelapor dan saksi-saksi lainnya belum diperiksa," tutur Budi.

Selain memeriksa Kiswinar dan ibunya, penyidik juga akan memeriksa Bayu Sutiyono, presenter pada program acara Sapa Indonesia Pagi di salah satu stasiun televisi nasional.

Di acara tersebut, Mario Teguh menjadi bintang tamu dan menyampaikan pernyataan yang dianggap mencemarkan nama baik Kiswinar dan keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.