Sukses

Masih Bocor, Petugas Kebut Perbaikan Waduk Rawa Babon

Budy mengatakan, pengerjaan tersebut telah dimulai sejak Senin 29 Agustus pukul 19.00 WIB dan berakhir pukul 05.00 WIB pagi tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Satu unit alat berat dikerahkan untuk mengatasi longsor di lokasi pengerjaan pintu air Waduk Rawa Babon, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

"Petugas sudah memasang enam batang gorong-gorong baru di bawah jembatan depan pintu air," ujar Lurah Kelapa Dua Wetan Budy Hartati di pintu air Waduk Rawa Babon, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (30/8/2016).

Budy mengatakan, pengerjaan tersebut telah dimulai sejak Senin 29 Agustus pukul 19.00 WIB dan berakhir pukul 05.00 WIB pagi tadi. "Setelah pemasangan gorong-gorong semalam, air dari waduk sudah mengalir lagi," dia menambahkan.

Ia menyatakan, pengurasan air waduk yang meluap dilakukan perlahan. Petugas pun tidak langsung menjebol tembok waduk yang dibangun sementara yang berada di depan pintu air lama. Mereka khawatir, jika dibongkar semua, air waduk yang keluar akan membanjiri kawasan Ceger, Rambutan, dan Ciracas.

"Pembuangan air sedikit-sedikit. Enggak dijebol penuh karena nanti banjir di kawasan itu," Budy menjelaskan.

Petugas kini kembali melanjutkan pengerjaan dan perbaikan gorong-gorong di area waduk tersebut. Terhitung masih ada dua buah gorong-gorong lagi yang perlu ditanam di sana.

Jembatan yang dibongkar sementara untuk memasang gorong-gorong, kini juga masih terpotong. Untuk itu, jembatan hanya dapat dilintasi oleh manusia dan masih ditutup untuk jalur kendaraan melintas.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Jakarta beberapa hari ini membuat air di Waduk Rawa Babon, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, meluap. Selain menggenangi rumah, belasan mobil milik warga juga ikut terendam banjir tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini