Sukses

Demam Pokemon Go, Menyetir Sambil Berburu hingga Curi Waktu Kerja

Grup penggemar Pokomon Go yang dibuatnya mencapai 200 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Permainan Pokemon Go telah resmi hadir di Indonesia. Penggemarnya pun memburu monster lucu dari dunia maya itu.

Penggemarnya kerap membentuk komunitas dan kemudian melakukan pertemuan. Mereka juga kerap memburu moster bersama-sama di suatu tempat. Namun, banyak juga yang kecanduan permainan tersebut.

Seorang pekerja kantoran bernama Rian mengaku pemain Pokemon Go dengan level tinggi di tempat kerjanya. "Saya sekarang udah level 27, ya bisa dibilang tertinggi kedua lah di kantor. Kalau yang tertinggi di dunia itu level 33," kata Rian di Senayan, Jakarta, Minggu (7/8/2016).

Ia mengaku pernah berburu monster di Pokemon saat sedang menyetir. Dia juga mencuri-curi waktu di kantor untuk main game.

"Pas awal, saya jalan jalan gitu buat nyari monsternya, ke luar rumah buat nyari," kata Rian yang mengunduh game tersebut saat malam takbiran Hari Raya Idul Fitri.

"Pengalaman paling seru sih pas nyetir (nyari pokemon) ya. Deg-degan nya dapet gitu," kata dia.

Ada juga Sera yang mengaku mendapatkan monster kategori langka justru di dalam rumahnya sendiri. "Dapet Pokemon langka malah di ruang tamu rumah sendiri," kata Sera kemudian tertawa.

Sementara itu, seorang gamers bernama Novan mengaku langsung membuat grup Whatsapp di kantor begitu Pokemon Go ini meledak.

"Awalnya cuma untuk intern dalam kantor aja, eh ternyata peminatnya makin banyak jadi kita bikin sampai jadi komunitas," ujar pemain Pokemon, Novan di Senayan.

Dia menjelaskan, tujuan awal membuat grup Whatsapp hanya untuk di dalam kantornya yang memang menggilai permainan ini, tetapi ternyata peminatnya banyak. Oleh karena itu, dibuatlah komunitas.

"Dulu dikit orang dalam grupnya, tapi sekarang udah sampai 200an, dan itu kebanyakan Jabodetabek, enggak cuma Jakarta aja," kata Novan.

Komunitasnya pun menggelar lomba adu cepat menangkap Pokemon pada hari ini, dalam rangka game tersebut sudah rilis secara resmi di Indonesia. Selain mereka bisa bertemu dengan orang-orang yang ikut komunitas.

Permainan Pokemon Go resmi dirilis di Indonesia pada Sabtu 6 Agustus 2016. Para gamers dapat mengunduh secara gratis di PlayStore atau AppStore.

Pokemon Go pertama kali dirilis untuk Selandia Baru dan Australia pada 6 Juli 2016. Peluncuran gim berbasis augmented reality (AR) tersebut meluas ke wilayah Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Wilayah Asia baru bisa menikmati Pokemon Go secara resmi pada 22 Juli 2016, tepatnya di Jepang. Tiga hari berikutnya giliran pemain Pokemon Go di Hong Kong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini