Sukses

VIDEO: Kemeriahan Tradisi Grebeg Syawal di Yogyakarta

Warga percaya, isi gunungan dari keraton ini mengandung berkah tertentu, sehingga mereka pun berupaya keras untuk mendapatkannya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan warga di Yogyakarta, Kamis siang, berebut isi gunungan dari Keraton Yogyakarta dalam perayaan Grebeg Syawal. Grebeg ini digelar untuk merayakan Hari Raya Idulfitri yang menurut perhitungan Keraton Yogyakarta jatuh pada hari Kamis 7 Juni 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (7/7/2016), isi gunungan langsung diperebutkan oleh warga yang menunggu sejak pagi. Warga percaya, isi gunungan dari keraton ini mengandung berkah tertentu, sehingga mereka pun berupaya keras untuk mendapatkannya.

Ini adalah bagian dari prosesi perayaan Grebeg Syawal tahun 1949. Penetapan tanggal 1 Syawal versi Keraton Yogyakarta memang berbeda dengan penetapan pemerintah, karena kalender yang dijadikan acuan memang berbeda.

Perayaan Grebeg Syawal juga diwarnai dengan arak-arakan prajurit keraton dari berbagai kesatuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.