Sukses

Ribuan Umat Buddha Ikuti Prosesi Kirab Waisak di Borobudur

Liputan6.com, Magelang - Ribuan umat Buddha mengikuti prosesi kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Prosesi tersebut merupakan salah satu rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2560 BE/2016.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (21/5/2016), ribuan umat Buddha serta biksu mengikuti prosesi Waisak dari Candi Mendut, melintasi Candi Pawon menuju Candi Borobudur. Peserta prosesi kirab berjalan kaki menempuh jarak sekitar tiga kilometer.

Prosesi kirabWaisak tersebut dipimpin langsung Ketua Umum Wali Umat Bu‎ddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya Phoo yang berada di barisan terdepan dengan membawa bendera Walubi. Sedangkan di belakangnya terdapat barisan yang membawa bendera Merah Putih.

Dalam prosesi tersebut, api dharma dan air suci juga ikut dikirab yang sebelumnya sempat disemayamkan di Candi Mendut. Api dharma diambil dari Mrapen, Groboban, Purwodadi, sedangkan air suci diambil dari Umbul Jumprit, Temanggung.

Iring-iringan tersebut juga membawa relik Sang Buddha. Kemudian, para biksu yang naik kendaraan hias memercikkan air suci kepada umat Buddha, serta penonton yang menyaksikan di pinggir jalan yang dilalui prosesi tersebut.

Tak ketinggalan, acara prosesi itu juga mengarak berbagai gunungan yang berisi hasil bumi seperti buah-buahan, sayur-sayuran serta padi. Bahkan, para peserta yang ikut kirab juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Selanjutnya, setelah sampai di Candi Borobudur, api dharma, air suci serta gunungan diletakkan di altar yang didirikan di halaman candi Budha terbesar di dunia itu.

Korban Tewas Banjir Sulsel Jadi 26 Orang

Tutup Video