Sukses

Kata Bahasa Indonesia Hanya 100 Ribu, Apa Saran Menteri Anies?

Anies pun meminta agar media turut mempopulerkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar panggung untuk mempopulerkan kembali Bahasa Indonesia.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan kosa kata Bahasa Indonesia hanya berjumlah 100 ribu kata. Dia membandingkan dengan bahasa Inggris yang mencapai 1 juta kata.

"Karena itu mari kita populerkan Bahasa Indonesia, begitu juga bahasa daerah yang bisa kita serap ke Bahasa Indonesia. Sehingga kosa kata kita bisa bertambah," ujar Anies di panggung deklarasi "Harmoni Bersama Masyarakat," Minggu (8/5/2016).

Dia mencontohkan kata "santai" dari Komering, Sumatera Selatan, menjadi populer dan terserap menjadi Bahasa Indonesia. 

 


"Bagaimana caranya? (menambah kosa kata) dari bahasa daerah. Kita beruntung karena memiliki lebih dari 700 bahasa daerah," ujarnya.

Anies pun meminta agar media turut mempopulerkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dia mencontohkan bagaimana kata Car Free Day lebih populer dibandingkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau HBKB.

"Nah kalau semua terbiasa pakai HBKB, maka masyarakat akan mengikuti," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini