Sukses


ICMI Dukung MPR Hidupkan Haluan Negara

Para pimpinan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyambangi Gedung DPR/MPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Para pimpinan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyambangi Gedung MPR RI. Mereka terdiri dari Ketua Presidium ICMI Jimly Asshiddiqie datang didampingi Sekjen ICMI Jafar Hafsah.

Kedatangan mereka diterima Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakilnya Oesman Sapta Odang dengan tujuan untuk menyampaikan dukungan terhadap MPR yang menggelorakan pentingnya haluan negara.

Dalam pertemuan itu Jimly menyampaikan bahwa pengurus ICMI di pusat dan daerah saat ini sangat antusias dalam menjalankan roda organisasi. Disampaikannya bahwa pengurus ICMI yang beragam latar belakang menyakini bahwa keintelektualan diperlukan untuk menjawab kemajuan jaman.

"Kita tak boleh larut dalam suasana demokrasi sehingga penguasaan ilmu sangat penting," ujar Jimly di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (3/5/2016).

ICMI pun merasa senang saat mengetahui MPR mempunyai badan dan lembaga pengkajian sendiri. Jimly mengungkapkan sejak dulu dirinya mendorong MPR agar memiliki badan dan lembaga pengkajian dan menyerap serta melibatkan banyak pikiran dari masyarakat.

Ia juga berharap agar MPR menempati kembali posisinya sebagai lembaga yang mempunyai wibawa intelektual dan politik.

"Kedatangan saya, Ketua ICMI dan Sekjen ICMI ini untuk membicarakan usulan kepada MPR. Supaya lembaga-lembaga negara kita itu diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai proporsinya, antara DPR, MPR, dan DPR itu dapat dibedakan," ungkap Jimly.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini lantas menyatakan dukungannya terhada MPR untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan.

"Ini (Sidang Tahunan) diperlukan agar MPR mengikuti tata tertib sistem ketatanegaraan. Dengan menyelenggarakan Sidang Tahunan, maka posisi MPR menjadi jelas. Karena sekarang banyak lembaga negara namun rakyat tidak tahu apa fungsi dan wewenang lembaga-lembaga negara itu," papar Jimly.

"MPR harus diberi posisi yang mantap untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan," sambung dia.

Selain mendukung MPR melaksanakan Sidang Tahunan pada Agustus yang akan datang, ICMI juga mendukung MPR membuat haluan negara. Oleh karena itu, ICMI pun siap memberi masukan dan bekerja sama dengan MPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.