Sukses

Jokowi: Tinggalkan Budaya Naik Mobil Pribadi ke Airport

Jokowi menilai sudah saatnya pengendara kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum untuk mengurai kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya ketersediaan transportasi massal menuju bandara. Dia mengatakan, tiap kota besar terutama yang wilayahnya mulai macet, harus memiliki moda transportasi tersebut.

"‎Ya ini nantinya standar airport harus terkoneksi dengan transportasi massal. Entah itu kereta, LRT, mungkin trem, rail bus, kereta api, harus terkoneksi," tutur Jokowi setelah mencoba kereta bandara menuju Bandara Kualanamu, di Sumatera Utara, Kamis (3/3/2016).

Menurut dia, sudah saatnya pengendara kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum.

"Jangan semua mobil pribadi ke airport. Kultur itu harus diubah. Tiap kota, terutama kota besar, arahnya ke sana," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, budaya harus segera diubah. Bila tidak, niscaya sebuah kota akan macet.

Namun, dia mengakui tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat. "‎Memang dalam jangka waktu 5-10 tahun belum penuh. Karena Ini bangun sebuah budaya agar orang senang dan mau naik transportasi massal di kota besar yang sudah mulai macet. Arahnya ke sana dan standarnya sudah ada," tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini