Sukses

Misa Natal di Katedral dan Salat Jumat di Istiqlal Tak Bermasalah

Masjid Istiqlal telah mengizinkan jemaat Katedral untuk memarkir kendaraan di kompleks masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi lalu lintas di Jalan Katedral yang memisahkan 2 tempat peribadatan besar yakni Gereja Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal , Jakarta Pusat masih lancar. Meski terdapat 2 kegiatan keagamaan besar yang waktunya hampir berbarengan, polisi sudah mengantisipasi kepadatan yang diprediksi akan terjadi.

Sejak pukul 06.00 WIB, Misa Natal di Katedral ini sudah berlangsung. Ribuan jemaat sudah memadati Gereja Katedral yang akan menyelenggarakan misa hingga malam nanti.

Pantauan Liputan6.com di lokasi sejak pukul 09.00 WIB umat muslim juga sudah mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal untuk menunggu pelaksaan Salat Jumat.

 

Menurut Kapolres Jakarta Pusat Kombes Polisi Hendro Pandowo, masyarakat tak perlu khawatir mengenai masalah lalu lintas dan kepadatan yang akan terjadi di Jalan Katedral.

"Misa di Katedral kan selesai pukul 11.00 WIB sedangkan Salat Jumat kira-kira dimulai pukul 11.00 WIB jadi tidak akan ada masalah," ujar Hendro Pandowo di pos pengamanan Masjid Istiqlal, Jumat (25/12/2015).

Meski akan ada perayaan keagamaan dalam waktu yang hampir bersamaan, toleransi beragama sangat tampak di kawasan ini. Masjid Istiqlal telah mengizinkan jemaat Katedral untuk memarkir kendaraannya di kompleks masjid.

Penjagaan yang ada di kawasan ini tidak terlalu mencolok. Kepolisian hanya menurunkan 400 personel untuk menjaga perayaaan Natal di tempat ini. "Penjagaan tidak bertambah ya, masih 400 personel," pungkas Hendro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini