Sukses

JK-Wiranto Luncurkan Program MAMPU

Pasangan Jusuf Kalla-Wiranto meluncurkan program MAMPU (Modal Usaha Mandiri Untuk Pemuda). Program bertujuan mendorong generasi muda lulusan SMA, SMK atau korban PHK terjun sebagai wirausaha.

Liputan6.com, Bandung: Duet Jusuf Kalla-Wiranto meluncurkan program MAMPU (Modal Usaha Mandiri Untuk Pemuda) saat berkampanye di Bandung, Jawa Barat, Ahad (28/6). "Kita akan bantu generasi muda agar dapat bekerja dan berusaha dengan berikan permodalan yang sesuai, antara Rp 3 juta hingga Rp 20 juta," kata Kalla, seperti dikutip ANTARA.

Dalam kesempatan itu JK-Wiranto secara bersama-sama meluncurkan program MAMPU sebagai program unggulan jika mereka terpilih. "Kita ingin mendorong generasi muda lulusan SMA, SMK atau korban PHK terjun sebagai wira usaha," ujar Kalla. Lantaran itu, diperlukan stimulus berupa kemudahan mendapatkan permodalan.

Menurut Kalla, model program MAMPU adalah modifikasi dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Kalau KUR untuk umum sedangkan MAMPU untuk generasi muda sehingga kita akan permudah persyaratannya," kata Kalla. Menurut Kalla setidaknya ditargetkan akan terkucur dana MAMPU sekitar Rp 5 sampai Rp 10 triliun.

"Ini bukti keberpihakan kita kepada generasi muda dan pemberantasan pengangguran," kata Kalla. Sementara menurut Drajat Wibowo, program MAMPU sifatnya berupa bantuan modal dana bergulir. "Ini kredit super murah yang bunganya maksimal lima persen. Dan selisih bunganya akan dibayar negara. Jadi ada subsidi bunga," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.