Sukses

Palu Diselimuti Kabut Asap, Sejumlah Pesawat Batal Terbang

Asap tebal menyelimuti Palu sejak Rabu pagi.

Liputan6.com, Palu - Sejumlah maskapai penerbangan di Kota Palu, Sulawesi Tengah membatalkan penerbangan hari ini karena cuaca tidak memungkinkan. Langit Palu dihiasi kabut asap mulai pagi tadi.

"Kota Palu kembali diselimuti kabut asap semakin buruk sehingga beberapa maskapai telah membatalkan penerbangan," ujar Otoritas Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Benyamin, Rabu (21/10/2015) seperti dilansir Antaranews.

Menurut dia, kabut asap yang menyelimuti palu sejak pagi hari, tebal. Sampai pukul 14.00 Wita, jarak pandang masih berada di sekitar 1 km. Sementara batas normal untuk penerbangan atau pendaratan pesawat berbadan besar 3.000 meter.

"Tidak satupun pesawat yang dijadwalkan mendarat hari ini yang tiba," kata Benyamin.

Beberapa maskapai sudah membatalkan penerbangan hari ini. Pesawat yang seharusnya masuk pagi dan sore hari dari Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Balikpapan belum juga tiba.

Dia menegaskan, pesawat yang sudah diberangkatkan hari ini semuanya pesawat yang masuk Selasa 20 Oktober 2015 malam.
"Kalau pesawat yang masuk hari ini tidak ada," jelas Benyamin.

Sejumlah penumpang yang ke Makassar, Surabaya, dan Jakarta seharusnya sesuai jadwal diberangkatkan pada siang hingga sore hari ini terpaksa kembali pulang ke rumah.

"Ya, kami tidak bisa berangkat karena tidak ada pesawatnya," kata Piter Erikson, seorang calon penumpang Lion Air tujuan Jakarta.

Penumpang berkewarganegaraan Swedia itu berharap pesawat Lion Air bisa mendarat pada malam hari sehingga bisa berangkat.

"Kalau tidak, kami harus menunggu sampai besok hari," harap Piter. Wisatawan itu baru saja mengunjungi obyek wisata burung di kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

"Saya baru saja pulang dari Danau Tambing, obyek wisata yang berjarak sekitar 90 km dari Palu itu," kata Piter.

Hal senada disampaikan Sumianti, penumpang Lion Air tujuan Surabaya. "Hari ini sudah dipastikan penerbangan ke Surabaya batal karena tidak ada pesawat masuk," kata Sumianti.

Sejumlah maskapai yang telah memastikan tidak ada penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Wings Air. (Bob/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini